Call Us : 0822-1604-6700

10 Dasar Untuk Optimalkan Facebook Marketing

10 Dasar Optimalkan Facebook, sebagai berikut :

  1. Mindset : Kedepankan etika sosial, jangan terlalu fokus kepada marketing secara frontal intinya jangan terlalu to the point jualan barang, mungkin bagi perusahaan – perusahaan besar yang sudah dikenal banyak orang, marketing secara blak-blakan tidak akan masalah, karena brand sudah terbangun. tapi bagi produk yang masih belum banyak di kenal orang apa lagi baru, marketing harus di lakukan secara terselubung . Alasanya orang menggunakan sosial media khususnya di Indonesia yang banyak digunakan adalah Facebook dan Twitter, niat awal mereka menggunakan sosial media adalah untuk kebutuhan interaksi sosial. Sekarang bagaimana caranya kita berstrategi mengkonversi orang yang awal berniat interaksi sosial menjadi buyer atau minimal tertarik untuk melihat-lihat produk kita.
  2. Buatlah Fanpage yang relevan dengan produk yang ingin kita jual , tapi buat juga Fanpage-fanpage bermanfaat  yang mendukung Fanpage produk kita. Sebagai contoh : bila kita mempunyai produk kaos bola maka kita buat juga Fanpage yang berkaitan dengan hal itu tapi memberikan manfaat contoh , kita buat fanpage Informasi Liga Indonesia yang berisikan jadwal-jadwal pertandingan, prediksi,komentar dan profile pemain.
  3. Buatlah landing tab yang mempunyai USP (Ultimate advantage, Sensational Offers dan Powerfull Promise) mungkin bisa lebih jelas dengan membaca buku Tung Desem Waringin , intinya keuntungan dan manfaat apa yang akan di dapat bila bergabung (like) dengan Fanpage kita. Apalagi di tambah dengan gambar yang shoking dan bagus, sehingga membuat orang merasa rugi kalo tidak like atau bergabung.
  4. Pada fanpage pendukung kita harus membuat status atau informasi relevan dan update , jangan dijadikan dulu untuk lahan jualan, jika hal itu di lakukan fans-fans kita bisa jadi unlike, karena dirasa terlalu spam dan memenuhi home mereka , lainnya hal nya jika informasi itu berguna, dengan kualitas post yang berguna akan membuat viral marketing yang bagus, sehingga di rekomendasikan ke teman teman fans yang lain.
  5. Setiap status atau post yang banyak komentar atau like nya maka facebook akan memprioritaskan status/post ke home fans dan teman temannya fans, sehingga akan membantu dalam viral marketing atau promo gratis Fanpage yang kita buat.
  6. Supaya memancing komentar dari fans, buatlah status-status yang memancing pertanyaan misal “kira kira pertandingan antara A dan B yang akan di laksanakan pada hari ini, yang akan menang siapa?? , tidak hanya status, tapi bisa berupa foto atau video yang kira kira bis menarik perhatian orang untuk berkomentar atau hanya sekedar like.
  7. Untuk mempelajari landing tab yang bagus dan lain lain,  lihatlah fanpage yang sudah memiliki fans yang cukup besar , amatilah bagaimana landing tab yang mereka buat,foto-foto yang mereka jadikan foto profil dan lain-lain.   kami rasa ini adalah street smart, daripada kita meraba-raba, hal tersebut bisa menjaga efektifitas waktu.
  8. Responlah dengan cepat jika fans kita menanyakan sesuatu, walau itu hanya sekedar kata terima kasih, maka kita respon dengan menjawab sama sama. Jangan di biarkan lama-lama karena hal ini membuat mereka kurang di anggap, gunakan etika sosial semaksimal mungkin.
  9. Buatlah sebuah event atau kuis berhadiah , tidak harus mahal, tapi bermanfaat , contoh bisa dengan ebook atau souvenir. Hal tersebut bisa memaksimalkan dalam viral marketing.
  10. Jika memungkinkan ada dana untuk beriklan menggunakan layanan premium, hati-hatilah dalam mengatur anggaran. Selalu uji dan monitoring, buatlah iklan – iklan yang efektif baik itu dari gambar . tag line dan lain lain , lebih baik kita amati iklan –iklan yang sudah berhasil menggunakan Ads Facebook, amati seteliti mungkin. Silahkan cari contoh – contohnya di mesin pencari. Facebook mempunyai keunggulan dalam targeting iklan, baik dari demografi ,gender, umur dan lain-lain.

 

Semoga artikel di atas bisa membantu anda. Jika anda membutuhkan konsultasi tentang bagaimana cara mengoptimalkan facebook marketing kami siap membantu anda. Silakan hubungi Tim Konsultan Facebook di 085322262000

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.