Call Us : 0822-1604-6700

Sukses Memasarkan Produk Di Sosial Media Marketing Untuk UKM

Setelah banyak konsultasi, belajar dari berbagai pakar, menganalisis produk produk yang sukses yang dipasarkan melalui sosmed, dan mempraktekan sendiri selama berbulan bulan ada beberapa kunci dan benang merah yang bisa disimpulkan (menurut pendapat saya) yaitu :

1. Produk

Produk adalah hal yang sangat fundamental, untuk pebisnis baru saya sarankan untuk memulai dengan produk yang sedang trend, kenapa ?? karena dengan memilih produk yang sedang trend akan jauh lebih mudah untuk memasarkan karena memang sedang di cari banyak orang , modal dan tenaga yang di butuhkan pun relatif lebih rendah jika di bandingkan dengan produk yang belum trend. Jika memang memiliki modal yang besar tidak apa apa memilih produk baru/belum trend (blue ocean strategy) , blue ocean harus di dukung dengan kreativitas yang tinggi , untuk berkoar koar (buzz) supaya lebih cepatdan menimbulkan efek viral marketing yang tinggi.

Saran saya yang lain, dalam memilih produk dan sangat powerfull adalah membuat produk untuk sebuah komunitas/ penggemar yang sangat loyal contoh, kita membuat fashion yang berkaitan dengan karakter dari sebuah film, komik, anime, band dan lain lain. Tentunya juga kita harus menguji dulu loyalitasnya. Caranya dengan melihat prilaku penggemarnya, berdasarkan pengalaman di kita lebih cenderung sangat bangga memakai barang yang berkaitan dengan karakter luar negeri baik itu, karakter anime, komik, film ataupun band/musisi.

2. Alat Marketing

Alat marketing disini maksudnya sosmed itu sendiri di Negara kita yang dominan adalah pengguna facebook dan twitter. Sadarkah kawan pengguna media internet sekarang dominan di akses melalui HP dari pada computer, HP sekarang canggih dan murah hampir semua orang dari berbagai kalangan dan umur memilikinya. Hampir semua pengguna hp di pastikan untuk saat ini dan beberapa tahun ke depan mengakses fb dan twitter dan hal itu pun di dukung oleh semua provider di Indonesia, dengan banyak nya iklan dari provider yang mengarahkan orang untuk berfacebokan dan bertwitteran (amatilah iklan iklan semua provider).

Beruntunglah orang orang yang sudah menyadari (bahkan ada yang tidak sadar) bahwa apa yang dilakukannya dulu seperti membuat group, fanpage, atau twitter yang awalnya hanya untuk berniat sharing ternyata sekarang sekarang bisa dijadikan alat penghasil uang. Saya sendiri termasuk orang yang telat sadar, tapi tidak ada kata terlambat asal tau strateginya kita yang baru mulai bisa mengikuti atau menyusul orang yang sukses duluan yang telah berhasil menghasilkan uang via sosmed seperti menjadi konsultan sosmed, jasa advertising dan lain lain.

3. Contoh – contoh Orang – orang yang sukses ( berdasarkan wawancara dan penelitian secara pribadi yah)

a) Ada orang yang memang dia penyuka sepak bola kemudian dia buat group tentang informasi sepak bola, di share baik via fb atau twitter sampai banyak orang yang bergabung, setelah banyak , di sela sela di menjual kaos bola . Menjual kaos bola kepada orang – orang yang suka bola tentunya kemungkinan closingnya tinggi. Contoh jika anda suka MU atau Barca, ada orang yang menjual kaos MU atau Barca yang bagus dan unik , saya sudah pastikan anda akan ada keinginan untuk membelinya.

b) Ada yang membuat group kumpulan pencinta Linkin Park misalnya, otomatis orang yang bergabung kemungkinan orang suka Linkin Park, kemudian kita share Jaket ekslusif berlogo LP, kira kira gimana ?? tentu kemungkinan terjualnya akan tinggi karena berjualan barang di tempat yang sangat tepat.

c) Ada juga yang menjadi konsultan karena kehebatan dia berinteraksi di sosmed

d) Jumlah Like, member atau follower berbanding lurus dengan kesuksesan , Tipe pembuatan grup, twitter, atau fanpage diantaranya adalah :

Kalo hanya untuk sekedar menarik trafik ke web kita, entah itu untuk PPC atau jual beli domain , kita bisa buat fanpage sebebas mungkin yang kira kira banyak di LIKE atau di follow banyak orang.
Kalo untuk menjual barang real seperti fashion dan barang lainnya buatlah group yang orang itu bergabung itu merupakan penggemar yang loyal, biasanya film, sepak bola, musisi, karakter fiksi, Publik Figur.
Direct selling : dengan mencari public post untuk FB dan tweet untuk twitter , misal kita jual Laptop, cari lah orang yang sedang mempostkan di status atau di tweet yang memang mencari laptop, mainin keyword aza. Sebelum group kita besar , sepertinya ini perlu di lakukan.
Facebook Ads : kalo ada anggarannya gunakanlah, asal pinter targeting, dan membuat iklan yang kira kira mengundang perhatian orang.
Perhatikan etika sosial, ingat orang menggunakan FB dan Twitter untuk melakukan kegiatan interaksi, bukan nyari barang, jadi jangan terlalu spamming. Gunakan bahasa bahasa sehari sehari. Saya rasa penting mempelajari ilmu ilmu interaksi sosial yang baik.

Aduh saya gak pandai menulis jadi pusing padahal di otak ini ada banyak hal yang harus di tuangkan , sory kalo sok tahu, just share , kalo ada koreksi atau tambahan boleh

 

Semoga dengan artikel di atas bermanfaat, jika anda membutuhkan konsultasi dan strategi sosila media marketing untuk meningkatkan penjualan produk anda, kami siap membantu anda. Silakan hubungi Tim Konsultan Facebook di 085322262000)

 

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.