Call Us : 0822-1604-6700

Jika Ingin Sukses Bisnis Online Jangan Terlalu Fokus Menggunakan Seo Dan Smo

Pasti terkejut mendengar judul di atas. Kalau mau sukses bisnis online jangan terlalu fokus menggunakan teknik seo (search engine optimization) atau smo (social media optimization) atau yang lainnya karena itu hanya salah satu bagian dari komponen bisnis. Kalau kita memulai berbisnis ada 3 hal yang di perhatikan yaitu hal teknis , management  dan entrepreneur . Mungkin awal awal memulai bisnis kita akan merangkap berbagai tugas, di mulai dengan riset produk, mencari atau membuat produk , memasarkan dan lain lain. Akan tetapi kalau kita mau selangkah lebih maju, kita harus mulai bisa melakukan pendelegasian tugas tugas tersebut. Kita tidak bisa selamanya melakukan semuanya sendiri termasuk seo ,smo dan lain lain.

Kita harus belajar mulai bisa mengkoordinasi dan membangun team yang solid. Mendelegasikan tugas tugas tersebut kepada orang orang yang tepat , untuk seo kita serahkan kepada orang yang tepat , mau itu rekrut karyawan ataupun outsource, begitu pula smo yang berkutat di sosial media seperti facebook dan twitter harus ada orang khusus yang membantu kita mengatur strategi dan lain lain. Intinya kita fokus untuk membangun sistem yang nantinya akan membantu kita memudahkan melakukan berbagai pekerjaan atau order dari konsumen atau pelanggan.

Kalau kita mau maju maka hal tersebut harus dilakukan, kalau tidak bisa berarti kita bukan menjalankan bisnis tapi bekerja di tempat usaha kita sendiri. Yang dinamakan bisnis sebenarnya adalah usaha itu terus berjalan walaupun kita tidak terjun langsung bahkan saat kita tidak ada di tempat pun sistem masih bisa berjalan. Tentunya Banyak yang harus kita korbankan untuk menuju ke arah itu, mulai dari waktu ekstra, tenaga ekstra, dan dana yang ekstra juga di awal – awal. Tapi itulah resiko bisnis yang harus kita lalui kalau kita mau maju.  Dan menurut saya itulah seninya bisnis , akan menjadi kebahagian tersendiri saat kita bisa menaklukan tantangan-tantangan yang hadir menghampiri.

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.