Call Us : 0822-1604-6700

Peluang Besar Ada Di Bidang Yang Kadang Sangat Kita Tidak Sukai

“Peluang itu tidak harus dengan apa yang kita sukai :), berikanlah kesempatan pada hal – hal yang kita tidak sukai, dan cobalah bereksplorasi” quote by www.ilhamtaufiq.com

Mungkin cerita dibawah ini bisa menginspirasi anda ?

Saya termasuk orang yang awalnya gak suka sama boyband ataupun girlband baik itu lokal maupun luar negeri.  Apalagi background musik saya yang lebih condong pada musik-musik metal atau cadas. Jujur kadang merasa jijik kalo melihat boyband ataupun girlband di TV apalgi denger lagunya, mungkin saya termasuk orang – orang yang suka menghujat jenis musik itu.

Pada saat istri saya sedang membangun fanpage – fanpage berjentre korea baik itu penyuka drama korea ataupun musik korea atau yang lebih di kenal K-Pop alias korean pop. Saya pun kurang respon, acuh tak acuh, dan  tidak membantunya untuk mengembangkan grup – grup seperti itu.

Kemudian istri saya memperlihatkan fanpage linkinpark yang jumlahnya sudah besar, kemudian admin group itu share produk – produk linkin park , alhasil saya lihat penjualannya pun dahsyat. Inilah yang awalnya menginspirasi saya .Tiba – tiba terlintas di pikiran dan menyadari , mungkin inilah yang dinamakan selera, selera tidak bisa di paksakan , dan inilah mungkin peluang terbesar yang tidak semua orang menyadari bahwa sesuatu yang kita tidak sukai, mungkin adalah suatu peluang besar.

Untuk megujinya , kami pun coba membuat produk berbasis k-pop, sebelum kami produksi kami uji respon dulu dengan share desain kaos ke fanpage tersebut, apa yang terjadi ??. yang terjadi adalah banyak respon positif dari fanpage korea tersebut yang menginginkan produk itu segera di produksi. Setelah itu kami mantap untuk mulai produksi , dan hasilnya Alhamdulillah lumayan. Mungkin ini kesempatan yang tidak disadari orang termasuk saya awalnya. Karena banyak abg di Indonesia  di tahun ini (2012) lagi mengalami sindrom trend drama dan boyband korea

Dari sini lah saya mulai mengadakan penelitian dan survey kecil-kecilan mengenai sebuah trend , mencoba  menganalisis secara semi ilmiah , berdasarkan teori , pendapat para pakar, konsultasi kemana – mana, dan tentunya semua itu harus di buktikan , supaya saya percaya diri untuk ngomong-ngomong sana sini.  Dan mungkin inilah hasilnya

Trend yang datang silih berganti tergantung situasi dan kondisi , dan ternyata sebuah trend itu banyak di buat atau di timbulkan oleh public  figure, olahragawan , musisi, selebriti dan lain lain.

Supaya apa yang saya bicarakan bukan sekedar kutipan orang lain, saya akan menceritakan pengalaman bagaimana selama ini  yang membuat saya bisa bertahan adalah ternyata  secara tidak sengaja  mengikuti arus trend yang ada, inilah cara aman bagi seorang pebisnis pemula dengan minim modal untuk ber eksplorasi. Terjun ke Red Ocean memang butuh perjuangan tapi mungkin ini mempunyai daya survival yang lebih tinggi ,seenggak – enggaknya sudah ada pasar terbentuk. Tinggal kita menganalisis Produk, Promosi, Place, Price and People. Selama dalam mengawali bisnis saya selalu bertarung di Price tanpa menganalisis 4p lain, ternyata hal tersebut bisa membuat terpuruk karena perang harga tidak ada hentinya, dan akhirnya terjerumus pada margin yang sangat tipis

Dengan marketing online , ternyata 5P lebih mudah di aplikasikan karena kita tidak terjebak dalam persaingan lokal. Kita lebih leluasa membidik pasar di wilayah manapun dengan mudah, Harga mahal bisa jadi penjualan jadi naik kalo kita pandai menganalisis pasar berbasis trend, karena orang emang lagi suka dan banyak mencari, maka terkadang harga pun tak jadi soal , apalagi membidik pasar – pasar di luar pulau jawa, yang notabene mereka sulit mendapatkan barang barang yang ada di pulau jawa.

Kembali lagi pada pembicaraan trend , saya secara sengaja pernah mengikuti trend OWL atau aksesoris bertemakan burung hantu, dan ternyata emang power full pada saat di uji cobakan dengan marketing online, dan hasilnya pun lumayan. Cuma saya tidak memprediksi atau survey seberapa lama trend owl bertahan.

Mudah mudahan bisa menginspirasi untuk anda segera memulai bisnis anda 😀

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.