Call Us : 0822-1604-6700

Benarkah Fanpage akan “ mati ”

Coba anda teliti dan  riset sendiri, berapa jumlah fanpage yang anda like / gabung , fanpage fanpage manakah yang sering terlihat di beranda anda. Meskipun Fanpage itu sudah mendapatkan ratusan ribu fans atau jutaan fans , tidak menjamin pesan status sampai di beranda / newsfeed anda. Kenapa ini terjadi , yang pertama jelas ini adalah kebijakan facebook sendiri , kalo kami tebak itu terkait semakin banyaknya jumlah fanpage sehingga  aturan ini bisa mencegah terjadinya “crowded” di news feed ( beranda ). Alasan kedua mungkin faktor monetizing , sekarang facebook menyediakan fasilitas promosi status berbayar sehingga mendorong pemiliki fanpage untuk menggunakan fasilitas ini.  Hal tersebut terlihat sekali karena sekarang membagikan /update status di fanpage bisa diatur targetnya seperti layaknya facebook ads.

Dari judul dan pernyataan di paragraf di atas mengindikasikan fanpage akan mati dalam artian jika kita tidak bisa beradaptasi . Kami mengingat benar pada saat seminar tentang genetika kebetulan kami lulusan sains , mungkin ada korelasinya dengan pernyataan  ini , seorang profesor berkata  “Sesuatu yang bertahan bukan berarti paling kuat , tapi sesuatu yang mampu beradaptasi dengan perubahan” . Kalo di terjemahkan atau di sambungkan ke dalam bahasan ini mungkin begini pernyataannya “Fanpage yang bertahan bukanlah fanpage dengan jumlah fans besar, tapi fanpage yang mampu beradaptasi dengan segala perubahan”.

Ada dua cara beradaptasi berkaitan dengan hal ini , satu dengan kekuatan modal artinya kita mengandalkan fasilitas berbayar , cara kedua dengan strategi kreatif , banyak cara yang bisa kita lakukan , trik trik unik yang kita bisa manfaatkan untuk beradaptasi dengan hal ini .

Comments

1 Comment
  1. katanya sekarang kudu bayar ya kalo mau updatenya nangkring di awal feed..>?

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.