Call Us : 0822-1604-6700

Strategi Facebook Marketing Tahun 2013

Tahun 2013 akan menuju era sosial media yang sesungguhnya artinya penggunaan facebook sebagai media social experience menuju kematangan dan keterbukaan. Punya akun facebook bukan lagi sesuatu hal yang istimewa, bukan lagi hal yang keren dalam mengeskpresikan sesuatu tetapi sudah menjadi hal yang lumrah / biasa saja. Hal ini juga berimbas ke dalam facebook marketing atau penggunaan facebook untuk bisnis, banyak perubahan baru baik itu dari internal / sistem facebook maupun dari lingkup audience yang semakin matang dan cerdas, yang akhirnya juga mempengaruhi kultur dalam era facebook marketing baru. Akan tetapi ada beberapa faktor yang tak akan terpengaruh dalam social media salah satunya adalah loyalitas dan relationship. Para pengguna facebook di Indonesia sekarang makin selektif dan pintar yang akhirnya tidak mudah dalam menerapkan strategi strategi yang tidak berbasis social media yang sesungguhnya, seperti “jebakan betmen” yang sekarang mudah disadari oleh audience dan pada akhirnya mereka  merasa dibodohi. Mereka merasa dipergunakan sebagai alat saja tanpa adanya permisi ataupun diberikan value yang relevan.

Apa yang membedakan pebisnis maju atau jalan ditempat dalam menggunakan social media khususnya facebook. Pebisnis facebook yang maju dan handal adalah pebisnis yang menggunakan facebook tetap fokus membangun core bisnis nya baik itu sistem maupun manajemen bisnis, bukan sibuk otak atik trik yang bersifat negatif dan lain lainnya. Mereka sadar facebook hanyalah tools sehingga dengan begitu mereka lebih cepat beradaptasi dengan segalah perubahan dan tetap fokus kepada hasil akhir dan Return On Investment (ROI).

Potensi produk yang akan melejit adalah produk produk yang bisa memberikan value dan berbasis service excellent. Artinya semua jenis bisnis baik produk maupun jasa tetap memiliki peluang besar asal mengerti dan memahami bersosial media yang baik dan mematangkan interaksi dua arah, responsive dan bijak. Secara teknis ada beberapa taktik yang mungkin tidak bekerja dengan baik  atau optimal, di butuhkan strategi – strategi fresh, kreatif dan handal.

Saat ini loyalitas audience atau pengguna facebook terhadap brand menurun. Tahun 2010, 39% user menjadi fans fanpage sebuah brand besar karena ingin lebih dekat dengan brand itu. Tahun 2012, menurun drastis hanya 14% (Hasil riset Snippet42). Dan penurunan ini mungkin terjadi lagi di tahun 2013 jika brand tersebut tidak memberikan value yang jelas.

Wajib dipahami: ” Tujuan utama anda eksis di facebook bukan agar anda terlihat bagus di facebook, tapi agar anda memiliki bisnis yang bagus karena eksistensi anda di facebook” (Jay Baer – Pakar Content Marketing)

Semoga di tahun 2013 bisnis anda dengan menggunakan facebook bisa lebih berkembang lagi. Salam hangat dari kami “Konsultan Facebook”

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.