Call Us : 0822-1604-6700

Masalah – Masalah Dalam Bisnis

Seorang pebisnis sejatinya harus tangguh dalam menghadapi guncangan atau masalah. Masalah selalu hadir dan silih berganti , maka seorang pengusaha harus tahu cara mengatasi masalah. Sebagai pebisnis muslim ada 3 faktor utama kenapa masalah itu datang dan terjadi.

Pertama berkaitan dengan aqidah, sejatinya dalam menjalan bisnis bagi seorang muslim harus diniatkan karena Allah SWT semata, dan pada saat menjalankan bisnis kita harus senantiasa dekat dengan sang maha pencipta. Tidak jarang kita selalu melakukan dosa – dosa besar yang paling Allah murkai seperti meninggalkan shalat dan durhaka pada oang tua, yang akhirnya allah juga tidak ridho dan menguji kita dengan kesulitan , supaya kita kembali kepada jalan yang benar. Sebelum kita mendeteksi permasalahan bisnis secara teknis , maka baiknya terlebih dahulu kita harus memeriksa hal – hal ini.

Kedua diri sendiri , permasalahan bisnis terjadi karena diri kita sendiri , memiliki mental block , tidak melek financial, yang artinya pandai mendapatkan uang tapi tidak pandai untuk mengendalikan dan menambal kebocoran kebocoran yang terjadi dalam bisnis yang dijalankan. Sejatinya bisnis dijalankan dengan mengutamakan intelektual dibandingkan emosional. Banyak pengusaha bangkrut karena terlalu emosional dalam mengambil sebuah keputusan – keputusan, yang akhirnya bisnis yang di jalankan bangkrut bahkan memiliki hutang buruk. Memiliki hutang buru sama halnya kita sudah menggadaikan kehiduan kita kepada hutang tersebut , susah tidur , hidup tidak tenang , setiap hari galau dan tidak jarang membuat seseorang terjebak dalam sebuah kasus pidana ataupun perdata.

Ketiga dalam proses, banyak masalah bisnis terjadi karena proses, salah memilih partner, salah memih mentor , kurang terlibat dalam sebuah proses hulu – hilir dalam bisnis yang dijalankan yang akhirnya membuat kita ketergantungan terhadap sesuatu ataupun orang lain. Dalam proses juga biasanya masalah muncul karena ada strategi yang salah.

Mungkin 3 hal tadi yang secara umum terjadi atau yang biasa dialami oleh seorang pengusaha, semoga dengan mengetahu 3 faktor dasar tersebut menjadikan kita tahu bagaimana mengatasinya, semoga bermanfaat

Salam hangat dan sukses

Konsultan facebook

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.