Call Us : 0822-1604-6700

Belajar Facebook Marketing Dari Zappos

Zappos adalah salah satu perusahaan fashion terbesar di dunia. Pada tahun 2009 Zappos diakuisisi oleh Amazon, perusahaan multinasional tersukses dan retailer terbesar di internet. Zappos dibeli dengan enilai 1,2 milyar dollar. Pertumbuhan selling  tahunan Zappos  pesat sekali. Pada tahun 2001, prestasi penjualannya mencapai 4x lipat dari tahun sebelumnya dengan biaya advertising  yang minim. Pada tahun 2008, Zappos berhasil mencapai 1 milyar dollar dalam penjualan tahunan dan menduduki posisi ketiga di dalam 100 perusahaan pilihan teratas menurut survei Fortune.

Selain itu zappos juga dikenal sebagai salah satu perusahaan dengan customer service terbaik di dunia.  Zappos sangatlah peduli dengan konsumen atau pelangganya. Zappos tidak keberatan untuk mengeluarkan biaya mahal, asalkan itu dapat membuat pelanggannya senang atau bahagia. Misalnya, seperti pengiriman produk dalam semalam, dimana pelanggan pesan malam, besok pagi barang tiba. Tentu biayanya mahal, namun Zappos bersedia demi menciptakan pengalaman yang menarik dan tidak dilupakan  bagi konsumen pelanggan.  Hasil dari service exellent tersebut  Zappos mengklaim bahwa 75% dari penjualan mereka berasal dari repeat customer, yakni pelanggan sudah pernah membeli, kemudian membeli lagi. Zappos menerapkan strategi Back-End marketing dengan membuat konsumen atau pelanggan merasa dekat dan nyaman dan terciptanya  engagement.

Apa yang mereka lakukan diperusahaan , ternyata mereka menerapkannya juga di social media khususnya facebook . Zappos melakukan pelayanan yang handal di social media , menanggapi response dari fans dengan cara membalas post atau koment yang relative cepat dan dengan bahasa yang menyenangkan. Selain itu mereka dapat menciptakan conversation yang baik dengan fans nya di facebook. Untuk lebih jelasnya silahkan anda mengamati fanpage zappos di https://www.facebook.com/zappos

Semoga mengisnpirasi

salam hangat dan sukses

Konsultan facebook

Fbmarketingninja.com (World Class Facebook Marketing Strategy)

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.