Call Us : 0822-1604-6700

Sebuah Kisah : Bisnis Yang Hancur Karena Idealisme Owner Yang Kurang tepat

Sungguh sangat disayangkan di saat orang berlomba – lomba mencari strategi untuk menemukan cara melakukan aktivitas marketing yang handal supaya penjualan produknya meningkat tajam , atau disaat orang lain tidak bisa menyelaraskan sistem antara permintaan  , produksi dan man power yang baik. Ironis sekali , ada beberapa bisnis yang kami lihat mulai tumbuh kuat malah menjadi hancur bukan diakibatkan karena marketing yang jelek, bukan karena sistem produksi yang kekurangan , bukan karena man power yang tidak solid, tapi bisnis dihancurkan sendiri secara tidak sadar oleh pemiliknya dengan idealisme yang kurang tepat. Idealisme memang dibutuhkan dalam menjalankan sebuah bisnis tapi idealisme yang tidak memperdulikan lingkungan sekitar  menurut kami kurang tepat  yang akhirnya menumbuhkan arogansi. Keputusan seorang owner benar – benar menentukan hasil akhir.

Indra pendengaran pebisnis terkadang lebih peka saat usahanya jatuh. Padahal saran atau masukan itu selalu datang di saat bisnis sedang berjalan mulus.  Idealisme seorang pebisnis sejatinya minimal harus memperhatikan cashflow, manpower, sisi konsumen atau pelanggan.

Saat kejatuhan bisnis mulai menghampiri ada baiknya cepat berintropeksi, cepat beradaptasi dengan kenyataan, dan tentunya harus segera memperbaiki hubungan vertikal dan horizontal. Banyak orang melupakan bahwa di bisnis ada namanya moment atau timing. Tidak selamanya bisnis berjalan lancar, harus sebaik baiknya memanfaatkan moment di saat bisnis kita memang sedang hebat hebatnya, dan kitapun di tuntut untuk pandai mengelola keuangan dengan baik, yang nantinya bila bisnis sedang turun kita masih punya cadangan dana dan strategi. Tidak ada yang bisa menjamin 100% bahwa bisnis berjalan lancar secara terus menerus. Ini hanyalah sebuah pendapat pribadi dari kami, maaf jika ada yang keliru. Semoga bermanfaat

 

Salam hangat dan sukses

 

Konsultan Facebook

fbmarketingninja.com

Facebook Marketing Ninja

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.