Call Us : 0822-1604-6700

8 Step To Simplification

Ini adalah materi yang kami dapatkan dari pengajian bisnis pekan ini

Step pertama adalah fokus, di seminar bisnis apapun, dan semua nasihat para pebisnis selalu bilang salah satu kunci sukses adalah fokus. Tapi kenyataannya banyak orang yang sulit untuk fokus. Fokuslah pada hal hal yang sangat penting dulu, mempertahankan fokus bisa dengan kedalaman pengertian. Misal saat ini hal yang sangat penting misalnya asal bisa memenuhi kebutuhan pokok keluarga terlebih dahulu , maka hal itu lah yang menjadi fokus sampai itu selesai baru bisa melangkah ke step selanjutnya.

Step yang kedua adalah konsentrasi , hal ini lebih tajam lagi daripada sekedar fokus. Konsentrasi kepada tuga tugas yang bersifat inti atau kunci. Contoh nya di bisnis garmen atau konveksi , biasanya karyawan ada yang di gaji berdasarkan jumlah pakaian yang di buat secara keseluruhan. Tapi jika mau lebih efisiensi sebenarnya ada baiknya sistemnya di konsentrasikan  tidak fokus secara keseluruham, missal ada karywan yang konsentrasi hanya membuat lengan baju saja, ada yang konsentrasi pada bagian badan saja , ada yang konsentrasi hanya pada bagian kancing saja, dan lain – lain.

Step yang ketiga adalah improve , berusaha mengembangkan atau berinovasi , supaya efektifitas, efisiesi dan produktivitas meningkat. Contoh misal kami punya karyawan bagian percetakan, ternyata dengan posisi kertas tertentu bisa menghabiskan waktu sekitar 10 detik untuk dia melakukan aktivtas di percetakan. Nah disini kita di tuntut untuk bisa improve untuk menemukan bagaimana supaya hal ini lebih efektif dan efisien, maka kita bisa meneliti dan melakukan testing , missal kita rubah posisi kertas, ternyata dengan merubah posisi kertas akhirnya waktu yang di butuhkan jadi lebih pendek missal jadi 8 detik.

Step ke empat adalah delegasi. Kita harus bisa mulai mendelegasikan hal hal yang memang bisa di delegasikan kecuali memang ada hal hal kunci yang sangat tidak bisa di delegasikan maka itu jangan di lakukan. Pada pendelegasian pada dasarnya ada hal yang pasti biasanya kualitas bisa jadi menurun, disini kita di tuntut untuk meminimalisir hal tersebut, misalnya dengan cara mengedukasi secara komprehensif orang yanga akan di beri tanggung jawab untuk melakukan tugas tertentu.

Step ke lima adalah konsolidasi , kadang untuk menyelesaikan tugas atau membangun produktivitas yang baik , maka ada kalanya ada tugas tugas yang harus di lakukan secara bersama sama. Missal team desainer harus selalu berkonsolidasi dengan tim produksi , supaya revisi atau kesalahan kesalahan bisa di minimalisir dan tidak membutuhkan waktu lama lgi untuk mengkoreksi.

Step keenam adalah aoutsource. Pada dasarnya yang di outsource adalah bukan pada core utama bisnis kita. Contoh fokus kami adalah social media marketing, kemudian suatu saat ada klien yang meminta kami untuk membantu mereka dalam hal SEO, maka untuk SEO kita bisa outsource, karena bidang itu bukan core kami dan tidak rutin.

Step ke tujuh adalah eliminasi. Disini pebisnis harus tegas dan bisa mengambil keputusan, hal hal apa saja yang bisa di eliminasi. Bisa mengeliminasi hal hal yang memang sudah di rasa tidak memberikan manfaat yang signifikan misalnya. Dengan mengeliminasi hal hal tersebut maka produktivitas bisa naik dan mencegah kebocoran kebocoran anggaran juga.

Step ke delapan adalah delay atau menunda. Kadang tidak semua hal kita harus eliminasi secara total, mungkin hal tersebut bisa di delay dulu, karena kedepan mungkin hal tersebut justru bisa membantu. Termasuk dalam sebuah idea tau peluang , kadang secara tiba tiba suka muncul ide ide baru yang tidak relevan dengan core bisnis yang dijalankan, maka ada baiknya hal tersebut di sipan atau di tulis dengan baik, suatu saat ide itu bisa membantu kita di kala kita memang mau memulai bisnis baru ataupun nantinya bisa berkorelasi dengan bisnis yang di jalankan.

Semoga bermanfaat

Salam hangat dan sukses

Konsultan facebook

Fbmarketingninja.com

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.