Call Us : 0822-1604-6700

Memaksimalkan Cash Flow

sebuah artikel yang kami tulis pada saat ikut pelatihan Financial Literacy bersama guru besar kami Pak Heppy Trenggono

Sebuah bisnis yang terlihat besar bahkan hebat pun kan jatuh jika kehilangan cash. Cash menjadi sangat penting karena semua aktivitas bisnis bisa beroperasi karena adanya cash. Profit sangat penting tapi profit yang di rubah menjadi cash itu jauh lebih penting. Profit yang hanya tertulis tidak bisa membayar gaji karyawan , membayar tagihan supplier dan lain lain, tapi cash lah yang bisa membayar apapun yang terkait dengan bisnis bahkan kehidupan.

Tidak semua cash yang ada dalam bisnis kita di ciptakan dengan cara yang sama, hanya ada 3 cara bagaimana cash itu di ciptakan , yaitu dari operation, investing dan financing. Operating cash flow menceritakan kepada kita seberapa produktif management merubah profit menjadi cash. Bisnis yang bertahan atau berkelanjutan yaitu bisnis yang harus menghasilkan operating cash flow yang positif.

Ada 5 tuas yang harus diperhatikan untuk memaksimalkan operating cash flow. Pada income statement ada 2 tuas yang harus di gerakan yaitu angka penjualan yang harus di tingkatkan dan tuas kedua yaitu menekan biaya biaya. Tuas kedua biasanya kadang dilupakan oleh para pebisnis, tuas pertama mengenai peningkatan penjualan sebenarnya masih di luar kuasa pebisnis karena masih ada ketergantungan kepada buyer, tapi tuas kedua mengenai penekanan biaya biaya sebenarnya itu bisa di katakan 100 % ada dalam kuasa seorang pebisnis atau seorang pengambil keputusan.

Pada bagian balance sheet ada 3 tuas yang di gerakan. Yang pertama mempercepat penagihan piutang. Semakin lambat orang membayar hutang kepada kita itu sebenarnya bisa menggangu cashflow. Yang kedua menekan inventory days , membuat inventory atau stock lebih cepat berputar. Dan yang ketiga adalah menekan hutang dagang seperti ke supplier dan lainnya, artinya membuat hutang dagang lebih panjang di bandingkan piutang.

Semoga bermanfaat

Salam hangat dan sukses

Konsultanfacebook

Fbmarketingninja.com

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.