Call Us : 0822-1604-6700

Meraup Jutaan Rupiah Setiap Hari Dengan Viral Marketing Via Sosial Media

Riset membuktikan iklan yang dipercaya konsumen bukan dari TV atau radio , tapi langsung dari seseorang yang merekomendasikan . rekomendasi dari teman dan keluarga bisa mengalahkan rekomendasi dari expert sekalipun . ini dia datanya

 dan rekomendasi ini bisa terjadi atau bisa di lakukan melalui social media, salah satunya dengan menggunakan teknik viral marketing

Viral marketing adalah bagaimana sebuah aktivitas pemasaran menyebar secara luas dan cepat seperti layaknya perkembang biakan virus. Viral marketing ini bisa terjadi secara natural ataupun artificial / buatan. Viral marketing yang terjadi secara natural biasanya diakibatkan oleh hal hal yang unik , aneh atau mencengangkan baik itu bersifat negative ataupun positif. Bagi seorang pebisnis jelas viral marketing yang di harapkan adalah viral marketing positif tentunya , karena pelayanannya yang sangat excellent , produknya yang bagus atau makanannya enak , ataupun hal positif lainnya.

Viral marketing di social media biasanya dengan menciptakan shareable content , shareable moment , ataupun jenis share able lainnya. Seperti di Hard Rock Café Bali misalnya, di depan café tersebut ada gitar yang sangat besar , tentunya pada saat kami ke sana, kami langsung melihat banyak orang yang antri ingin di foto dengan background gitar tersebut (kalo candanya teman kami di bali,  yang foto disitu pasti baru pertama kali ke bali :D). dan orang orang di zaman sekarang tak jarang foto tersebut di share di social media ataupun di jadikan profil picture , yang akhirnya hard rock cafe mendapatan publisitas gratis , viral dan mendapatkan people recommendation. Contoh lainnya kalo di bisnis toko online bisa karena packaging nya yang unik yang secara tidak sadar meng encourage orang untuk pengen foto dan di share nya di social media. Silahkan anda mencari ide ide kreatif sendiri yah :D.

Viral marketing bisa terjadi karena artificial. Misal dengan mengadakan kontes di social media ataupun pun bisa melakukan dengan reward tertentu. Misal pada saat seseorang pengunjung datang ke sebuah restoran , kemudian restoran melakukan promo dengan cara , silahkan tweet atau update status di facebook hal hal positif tentang restoran tersebut maka akan mendapatkan reward berupa pemberian souvenir atau diskon berjenjang  , jika jumlah temannya 1000 diskon 5 % jika jumlah temannya 2000 diskon  10% , atau hal hal kreatif lainnya selama itu tidak merugikan. Sekarang ini banyak pelaku usaha yang tidak paham akan hal ini , logo facebook atau twitter bisnisnya hanya jadi pajangan di banner dan selebaran , sekedar ikut ikutan supaya tidak terkesan ketinggalan zaman, tidak benar benar di manfaatkan untuk mendorong terjadinya viral marketing ataupun people recommnedation. Biasanya hanya di tulisan alamat fb atau twitter  tanpa adanya reward atau hal yang membuat kenapa “gue” harus follow atau like bahkan harus share tentang “luh”.

Contoh lainnya toko online , di kemasan pengiriman biasanya hanya sekedar menuliskan alamat website ataupun alamat social medianya saja tanpa ada nya encourage untuk viral marketing. Padahal viral marketing sangat mungkin bisa dilakukan, contohnya dengan memberi keterangan, silahkan foto diri anda sedang menggunakan produk kami dan share di fb atau twitter dan jangan lupa untuk di tag/mention ke kami, maka anda akan mendapatkan diskon sebesar 20 % untuk pembelian berikutnya. maka dengan begitu teman dan family mereka akan melihat secara tidak sadar sudah merekomendasikan produk anda ke koleganya.

Tips buat anda, silahkan kumpulkan list konsumennya dan blast dengan pesan pesan untuk mendorong supaya mereka melakukan aktivitas ini. Nge blast bisa di fanpage , twitter , email atau sms. Jangan lupa untuk viral marketing artificial harus ada reward :D.

Dengan strategi viral marketing ini tidak jarang beberapa orang bisa meraup omset jutaan rupiah setiap hari , semoga menginspirasi 😀

Salam hangat dan sukses

Konsultan facebook

fbmarketingninja.com

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.