Call Us : 0822-1604-6700

Membangun Ide – Ide Facebook Marketing Dengan Cara Scamper

Pada saat guru kami mengajarkan hal ini di dunia bisnis, kebetulan salah satu dari kami yaitu penulis artikel ini tidak bisa ikut serta karena pada saat yang sama harus ngisi materi di Nasional Bootcamp 14. Pada saat mendengar teman teman seperguruan ko jadi merasa ilmu yang di share kemarin kayanya bermanfaat tidak hanya untuk bisnis tapi juga untuk facebook marketing atau sosial media marketing secara umumnya. Bahasannya yaitu tentang 3 teknik cara membangun ide yang tidak akan ada habisnya, di pengajian bisnis baru di bahas 1 teknik (scamper) karena ternyata untuk mengetahui semuanya secara mendetail harus ada workshop selama dua hari , semoga saja terlaksana , dan kami bisa share ulang di blog ini :D.

Karena penasaran dengan materi ini akhirnya saya mulai bertanya kepada teman teman dan mulai sedikit menggali tentang hal  ini. Mungkin nanti artikel ini akan ada updatenya. Supaya tidak terlalu luas kita akan terfokus pemanfaatan cara , metode atau teknik ini untuk facebook marketing.

Ide sangat lah penting dalam dunia facebook marketing, karena jika tidak ada ide baru aktivitas facebook marketing akan membosankan , maka dari itu kita harus pandai memaksimalkan ide – ide yang keluar dari pikiran kita , bahkan cara mengeksekusi ide tersebut agar hasilanya sesuai yang di harapkan

Seorang marketer  harusnya tidak terpaku pada ide yang pertama kali keluar. ide adalah sesuatu yang bisa terus bergerak dan berubah. Sebenarnya, ide pertama yang keluar dalam benak seseorang adalah ide yang paling biasa-biasa saja, idenya biasanya kurang orisinil. Hal itu terjadi karena otak kita biasa melakukan asosiasi terdekat. Semakin lama kita memikirkan ide tersebut, kita akan mencari sesuatu yang asosiasinya tidak dekat. Lama-lama kita akan menemukan sesuatu yang lebih orisinil dibandingkan ide pertama kita.

Salah satu untuk kita sebagai marketer untuk menggali ide adalah dengan metode Scamper

  • S (Substitute) = Mengganti
  • C (Combine) = Kombinasi
  • A (Adapt) = Menyesuaikan
  • M (Magnify/Modify) = Memperbesar/Memodifikasi
  • P (Put to other use) = Memanfaatkan untuk kegunaan lain
  • E (Eliminate) = Menghapus
  • R (Rearrange/Reverse) = Menyusun kembali/Membalik

Scamper disusun berdasarkan pendapat bahwa segala sesuatu yang ‘baru’ sebenarnya adalah penambahan atau modifikasi dari segala sesuatu yang ada. Contohnya, handphone adalah modifikasi dari telepon. Tablet seperti Ipad adalah modifikasi dari komputer. Di dunia kepenulisan, hal yang sama juga berlaku. Kisah Titanic, misalnya, tidak lebih dari versi lain Romeo dan Juliet. Begitu juga dengan cerita Cinderella dan Beauty and The Beast.

 Menerapkan Scamper dalam Dunia Facebook Marketing

S (Substitute) = Mengganti.

Anda boleh mengambil sebuah ide marketing yang anda sukai dan mengganti semua hal yang bisa Anda ganti. Ini bukan mencuri, selama orang lain tidak bisa mengenali darimana ‘inspirasi’ cerita Anda. Misalnya Anda mengambil ide kreatif dari aktivitas facebook marketing dari luar negeri , yang anda ganti hanya lah produk nya saja, sedangkan alur ide marketingnya sebenarnya masih sama.

 C (Combine) = Kombinasi

Anda juga bisa mengkombinasikan ide – ide marketing dari berbagai studi kasus misalnya memadukan ide antara brand A dan brand B

A (Adapt) = Menyesuaikan

Berusaha mencocokan atau menyesuaikan ide dengan studi studi kasus atau ide dengan para marketer lain.

M (Magnify/Modify) = Memperbesar/Memodifikasi

Cara lain mendapatkan ide adalah dengan memperbesar atau memodifikasi ide Anda dan bagaimana menerapkannya dalam aktivitas facebook marketing yang anda jalankan.

P (Put to other use) = Memanfaatkan untuk kegunaan lain

Selain untuk marketing atau selling , kegiatan facebook marketing anda bisa di arahkan kemana lagi misal ternyata bisa juga fanpage anda di gerakan untuk kegiatan sosial tidak sekedar jualan misalnya

E (Eliminate) = Menghapus

Selain menambahkan ide, Anda juga bisa membuang sebagian dari ide tersebut. Hilangkan kira kira yang menurut anda kurang pas untuk produk anda atau tujuan facebook marketing anda.

R (Rearrange/Reverse) = Menyusun kembali/Membalik

Menggali ide bisa juga dengan kita memiliki pola pikir terbalik dari biasanya

Salam Hangat Dan Sukses

Konsultan facebook

Fbmarketingninja.com Klik Untuk Melihat Demo Pembelajaran

Ide penulisan dari notes hasfa publisher dengan modifikasi tentunya (heheh termasuk scamper kah)

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.