Call Us : 0822-1604-6700

Menguji Ads Facebook, Mana yang Bekerja Paling Baik?

like_buttonSalah satu kunci sukses dalam campaign di Facebook adalah testing multiple ads, yaitu menjalankan beberapa ads dan menguji yang mana bekerja paling baik lalu kemudian memfokuskan bujet terhadap ads yang bekerja paling baik tersebut. Walaupun kita memasang lebih dari satu ads dengan target yang sama, ternyata kinerja ads tersebut juga tidak selalu sama, ada yang lebih bagus di antara yang lainnya. Karenanya, kita harus mengetahui komponen-komponen apa saja yang mesti kita testing dan kita evaluasi dalam multiple ads kita. Komponen tersebut adalah image, headline, body content, call to action, dan landing page. Namun sebelumnya, ketika kita sedang testing multiple ads pada target yang sama, ada beberapa hal yang wajib selalu kita ingat ketika menguji efektifitas komponen tersebut, yakni:

– Dalam proses testing dan evaluasi multiple ads, kita harus menentukan satu komponen terlebih dahulu yang mana yang akan dibuktikan bekerja lebih baik, dan untuk komponen lainnya harus kita samakan. Maksudnya adalah jika kita ingin menguji image yang mana yang paling baik dari dua ads yang telah kita jalankan, maka komponen headline, body content, call to action kedua ads tersebut harus persis sama; sementara image masing-masing kita bedakan

– Untuk melihat hasil yang lebih baik dari beberapa ads tersebut, kita mungkin perlu menunggu untuk beberapa hari, bahkan mungkin lebih dari 1 minggu.

– Untuk setiap ads yang akan kita test, kita harus membuatnya dalam campaign yang terpisah. Jika kita membuat beberapa ads dalam satu campaign, ads yang dialokasikan bujet lebih besar akan lebih sering ditampilkan oleh Facebook.

Kita coba bahas satu persatu komponen FB Ads:

– Image

Kita bisa mencoba beberapa macam gambar yang berbeda, atau dengan gambar yang sama tapi dengan sedikit variasi. Misalnya jika kita menggunakan image seseorang yang tersenyum, kita bisa men-zoom senyumannya lebih dekat, atau dengan menambahkan teks ke dalam image, memberi variasi ikon label atau stempel bertuliskan FREE, dan variasi lainnya.

Image Seseorang dengan Variasi Tulisan

Image Seseorang dengan Variasi Tulisan

– Headline

Apakah ads kita menggunakan headline langsung misalnya “Tiket Pesawat Promo”? Atau headline yang berupa pertanyaan seperti “Mau Langsing?”, headline berupa testimonial seperti “Sepatu Kesukaan Ronaldo”? Atau bentuk headline lainnya. Temukan headline seperti apa yang paling berpengaruh positif terhadap CTR ads kita

Headline Langsung

Headline Langsung

– Body Content

Kalimat body content seperti apa yang memiliki CTR lebih bagus? Apakah sebuah kalimat yang memberikan sentuhan personal? Kalimat yang disusun dengan bahasa formal atau gaul? Kata-kata yang singkat dan padat atau kata-kata yang lebih banyak? Body content yang diawali dengan kata-kata berhuruf kapital? Atau kata-kata body content yang menyinggung kriteria audience yang kita targetkan? Dan lain-lain. Manakah yang lebih memiliki CTR paling baik untuk ads kita.

Ads dengan Bahasa Gaul

Ads dengan Bahasa Gaul

– Call to Action

Bentuk Call to Action seperti apa yang memiliki CTR tinggi dan menghasilkan konversi yang lebih baik? Call to Action yang mendorong secara emosional untuk mengambil tindakan biasanya lebih bagus seperti “Booking sekarang!”, “Tinggal 5 pcs lagi, miliki segera”, atau “Diskon untuk pemesan hari ini”, dan lain-lain. Cobalah beberapa kata-kata Call to Action yang berbeda dan temukan bentuk Call to Action yang mana yang bekerja lebih baik.

– Internal Landing Page vs External Landing Page

Apakah ads kita mengarah ke internal page di Fan Page kita ataukah ke external page seperti website atau situs jual beli? Bagaimana perbedaan CTR-nya dan tingkat konversinya? Umumnya ads yang mengarah ke halaman Fan Page cenderung lebih murah CPC-nya dibanding yang mengarah ke luar. Mana yang lebih kita utamakan, ads yang mengarah ke halaman luar yang memiliki tingkat konversi lebih baik ataukah kita lebih mengutamakan ads ke halaman Fan Page yang CPC-nya lebih murah?

Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap CTR dan konversi ads kita di Facebook. Mengubah salah satu faktor seringkali berpengaruh besar terhadap CTR dan konversi. Jika anda ingin mempelajari lebih dalam tentang Facebook Ads, anda dapat mempelajarinya dengan sangat mudah dalam paket video tutorial Facebook Marketing Ninja. Atau jika anda ingin mengadakan pelatihan Facebook Marketing yang paling komprehensif untuk perusahaan anda, anda dapat menghubungi kami lebih lanjut.

Inspired by Jennifer Sheahan

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.