Call Us : 0822-1604-6700

Studi Kasus : Belajar Facebook Marketing Dari Converse Part 1

converse

Converse mulai eksis di facebook pada tanggal 14 agustus 2008. Sekarang Fabpage Converse memiliki lebih dari 36 juta fans dan masuk Top 10 Brand yang sukses di Facebook versi tracksocial.com pada tanggal 17 September 2012 Mulai ada aktivitas secara intensif yaitu pada bulan Februari 2010, Converse pada saat itu update status tentang sebuah jajak pendapat dengan tema random. Mereka menerima feedback positif dari fans baik itu berupa komentar ataupun jumlah like yang bertambah. Mereka memahami faktor faktor dasar tentang arti dari pentingnya membangun sebuah kedekatan emosional atau engagement.

Pada bulan februari 2010 juga Converse mengambil keputusan untuk mengeksekusi sebuah ide yaitu “Attracting Eyeballs”. Mereka memulainya dengan memposting film atau video pendek di facebook tentang orang orang yang memilki talenta unik  seperti Olivia seorang fotografer dan Mentalgassi seorang seniman jalanan. Responnya sangatlah baik dan menggembirakan

Mereka pun mulai menyentuh sisi sisih unik yang aneh ketika mereka memposting video dengan tema atau judul “Kissing The Ross”, yang menampilkan pria yang memiliki janggut lebat dan mengajari atau menunjukan bagaimana cara melakukan ciuman. Video tersebut mendapatkan banyak kritika, tapi meskipun begitu hal tersebut menjadi sebuah perbincangan yang sensasional di dunia internet dalam satu malam. Hasil yang di dapat adalah hal tersebut secara tidak langsung turut mempromosikan Converse sebagai sebuah brand.

converse video

Pada bulan april 2012 Converse mulai memposting acara atau event yang di sponsorinya seperti acara music , olahraga basket , dan kompetisi skating board, hasilnya banyak respons positif berupa ribuan komentar ataupun like. Hal ini dilakukan untuk membangun kedekatan emosional dengan para pecinta music dan olahraga yang mereka tampilkan dengan hal hal yang mereka sukai. HASIL: Merek Converse menjadi identik dengan hiburan.

converse video2

Pada tanggal 21 April 2010 , karena mereka sudah memahami bagaimana berinteraksi di social media khususnya facebook dan di rasa sudah membangun kedektan emosional , maka mereka mengambil kesempatan untuk sedikit berpromosi. Mereka mulai posting foto foto model sepatu model terbaru dengan konten status pemasaran yang sangat bagus dan terkendali. Hasilnya pun positif banyak like dan komentar bahkan banyak juga yang share posting mereka padahal posting itu berupa promosi.

converse video3

Semoga Bermanfaat , Kami lanjut studi kasus ini di part 2 yang mudah mudahan bisa menginspirasi anda dalam melakukan aktivitas facebook marketing

salam hangat dan sukses

 

konsultan facebook

fbmarketingninja.com

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.