Call Us : 0822-1604-6700

11 Kesalahan Mematikan Yang Biasa Dilakukan Oleh Entrepreneur Atau Pengusaha Muda (Part1)

Tidak ada peluru emas untuk menjadi seorang pengusaha sukses dan tidak ada blueprint yang pasti untuk kita menuju jalan kesuksesan. Namun ada banyak hal yang harus dipelajari dari banyak pengusaha yang gagal dan berhasil di depan kita. Kesalahan adalah bagian dari kehidupan dan ada banyak hikmah yang dapat kita bisa ambil dari kesalahan yang dilakukan. Tetapi kita juga harus tahu bahwa ada beberapa kesalahan yang sangat mematikan yang dapat melumpuhkan sebuah bisnis dan disarankan untuk bisa menghindari kesalahan-kesalahan ini semampu yang kita bisa, berikut adalah kesalah kesalahan mematikan yang biasa dilakukan oleh entrepreneur atau pengusaha muda.

1. Visi dan target yang tidak jelas

Salah satu kesalahan yang sangat mematikan yang umumnya terjadi di kalangan pengusaha muda adalah kurangnya dalam menentukan visi. Banyak bisnis yang dijalankan tanpa ruh atau pemikirian yang jelas, mereka tidak tahu apa yang ingin mereka capai dan mereka tidak tahu apa yang diperlukan untuk mencapainya.

Mencapai sukses bisnis tentunya memiliki banyak hubungan dengan banyak hal. Salah satu sesuatu yang  mendasar adalah bahwa tujuan / visi harus diperjelas. Jika tujuannya adalah untuk membangun perusahaan terbesar di dunia dan semua yang dilakukan adalah hanya duduk dan bermain game pagi dan malam, harus diketahui bahwa bisnis tersebut tak akan pernah jauh melangkah.

Sebagai seorang pengusaha muda anda harus memastikan bahwa anda memiliki tujuan yang jelas untuk bisnis anda, anda harus tahu apa yang ingin anda capai dari awal dan anda tidak perlu menghabiskan waktu anda dengan berbelit-belit.

Selain memiliki tujuan besar anda juga harus membuat tujuan dan visi yang jelas untuk mereka yang bekerja dengan anda, jika mereka tahu apa yang ingin anda capai mereka akan tahu berapa banyak usaha yang mereka butuhkan untuk dilakukan pada sebuah bisnis yang sedang dijalankan.

 2. Kurang fokus

ini merupakan salah satu kesalahan yang mematikan dan telah menghancurkan masa depan banyak pengusaha muda. Sesekali kita bisa melihat pengusaha muda mulai dengan begitu banyak bisnis tanpa menunggu proses salah satu bisnisnya berhasil.

Keberhasilan bisnis bukan tentang anda memiliki 20-30 bisnis, ini adalah tentang anda memiliki bisnis yang sukses. Tidak ada gunanya Aanda memiliki 50 bisnis jika tidak satupun dari semua bisnis tersebut berhasil.

Anda juga harus menyadari bahwa hasil tidak datang dalam waktu semalam sehingga anda harus memastikan bahwa anda fokus pada satu model bisnis untuk waktu yang lama sebelum menyerah dengan bisnis tersebut. Jangan berharap untuk memulai bisnis dan mendapatkan hasil dalam satu bulan, berikanlah fokus bisnis anda minimal 6 bulan, dan jika mungkin tahun, sebelum memutuskan apakah bisnis tersebut adalah jodoh anda atau bukan.

3. Tidak mau mengakui kesalahan

Ini adalah satu hal yang membuat terjadinya banyak kesalahan. Bagaimana kita bisa memperbaiki dan mengevaluasi hal hal yang kurang baik di dalam bisnis jika mengakui kesalahan saja anda tidak mau.
Satu kesalahan besar pengusaha muda yang serig dilakukan adalah bahwa mereka tidak mau mengakui kesalahan mereka, mereka percaya bisnis mereka, ide dan segala sesuatu yang mereka lakukan adalah yang terbaik sehingga telinga menjadi tuli terhadap nasihat dari orang lain. Anda harus mulai mengakui dan memperbaiki kesalahan anda ketika anda menemukan yang memang itu kesalahan anda, karena ini akan membantu anda menghindari bahaya yang mengerikan di masa yang akan datang. Selalu memberikan telinga untuk apa yang orang lain katakan dan tidak berpura-pura seolah-olah anda tahu semua atau seolah-olah keputusan Anda sempurna, selalu mendengarkan orang lain, mengakui, memperbaiki dan belajar dari kesalahan Anda.

4. Tidak mau mendengarkan

Kesalahan lainnya yang sangat mematikan bagi pengusaha muda adalah mereka tidak mendengarkan, mereka hanya terus berbicara dan berbicara dan berbicara, sedikit yang mereka tahu bahwa ini adalah sesuatu yang membunuh daripada sesuatu yang membangun.

Sebagai seorang pengusaha muda biasanya terlalu mencintai dirinya sendiri, terlalu memikirkan hadiah, bakat , ide-ide dan segala sesuatu tentang dirinya hal tersebut membantu meningkatkan egonya, sedikit yang dia tahu betapa bodohnya dia. Orang bijak tidak banyak bicara tapi mereka selalu sensitif dengan hal hal yang sepele.

Kita melihat banyak orang yang banyak bicara adalah sebagai orang-orang bodoh . Jika anda sedang mencari sponsor atau mitra untuk bisnis anda dan semua yang anda lakukan adalah terus berbicara, mitra yang bijak tidak akan mau bergaul dengan anda.

Ada kekuatan dalam mendengarkan dan orang-orang bijak mengatakan sedikit berkata dan mendengarkan sebanyak yang mereka bisa. Jangan dikenal sebagai orang yang terlalu banyak bicara tapi dengarkan dan pikirkanlah dengan sangat hati-hati sebelum anda berbicara.

Hal lain tentang mendengarkan adalah bahwa hal tersebut bisa membantu Anda mendapatkan lebih banyak rasa hormat sebagai seorang pengusaha muda dan juga membantu Anda menghindari masalah yang tidak perlu. Orang yang memiliki niat negatif tidak akan ingin mau dekat dengan seseorang yang sangat bijaksana dan jika mereka melihat bahwa anda pandai  mendengarkan dan tidak banyak berbicara mereka akan menjadi lebih takut padamu.

5. Keserakahan

Ini kesalahan mematikan yang telah merenggut nyawa banyak bisnis. Banyak pengusaha muda yang begitu serakah bahwa mereka menjalankan ke bisnis hanya karena uang semata. Jenis orang seperti ini tidak akan melakukan penelitian yang benar sebelum memulai bisnis mereka dan orang orang seperti ini hanya akan punya bisnis dalam skala yang tidak besar.
Jika semua yang anda lihat tentang bisnis adalah uang semata  yang anda harus tahu bahwa berarti anda ditakdirkan untuk gagal. Jangan hanya fokus pada uang yang anda dapatkan dari bisnis, coba fokus pada hal-hal penting lainnya, termasuk masa depan bisnis

Bersambung….

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.