Call Us : 0822-1604-6700

Bagaimana Mendefinisikan Target Market Dengan Detail Untuk Memperkuat Bisnis

Semakin banyak anda tahu tentang target pelanggan anda, semakin anda lebih bisa untuk  menawarkan produk atau jasa yang anda miliki untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Selain itu,  anda akan mudah berdaptasi dalam hal  pemasaran dan strategi penjualan . Dengan begitu anda dapat menjual lebih banyak produk kepada konsumen anda. Ada tiga hal yang harus di perhatikan dalam mendefinisikan target market ,yaitu:

  1.     Mengidentifikasi target pelanggan anda
  2.     Riset gaya hidup mereka
  3.     Riset kebiasaan belanja mereka

Mengidentifikasi target pelanggan anda

Target pelanggan Anda tentunya harus sesuai dengan kelebihan atau atau unique selling point (USP) produk atau jasa yang di tawarkan . Mencari tahu siapa sebenarnya yang menginginkan produk atau layanan anda. Pertimbangkan jenis kelamin, usia, profesi, hobi, pendapatan serta profil yang lebih jelas, dengan begitu anda dapat memenuhi kebutuhan mereka lebih tepat. Cari tau lebih banyak lagi tentang target market anda dengan fokus ke komunitas mereka. Bertanyalah kepada para mitra reseler anda yang sering kontak langsung dengan target market, dan gali lebih dalam dengan langsung berkomunikasi dengan target market yang anda bidik.

Poin terpentingnya disini adalah target pelanggan sesuai dengan USP dan lakukan penelitian untuk mendukung asumsi anda.

Riset gaya hidup mereka

Di mana mereka tinggal, apa yang mereka lakukan untuk kehidupan mereka, berapa umur mereka, di mana mereka pergi berlibur, apakah merekasudah  menikah atau belum, dan lain lain. Ini akan membantu anda menyesuaikan produk dan pemasaran. Dapatkan info demografi ini dari mitra bisnis anda di wilayah tersebut jika ada. Pikirkan tentang di mana mereka tinggal dan apa saja yang mempengaruhi distribusi produk Anda.
Poinnya adalah membangun profil  pelanggan dengan spesifik sebanyak yang anda bisa dan pertimbangkan bagaimana lokasi mereka akan mempengaruhi bisnis anda

Riset kebiasaan belanja mereka

Kebiasaan belanja akan menjadi penentu kunci dalam cara menjual produk Anda. Apakah pelanggan anda berbelanja online atau secara pribadi,? Apakah mereka lebih memilih toko biasa atau supermarket besar? Bagaimana mereka akan menemukan produk atau jasa anda? Lihatlah bagaimana produk sejenis yang dijual untuk mendapatkan nuansa awal dari kebiasaan konsumen. Analisalah para kompetitor dengan baik.

poinnya identifikasi kebiasaan belanja pelanggan dengan baik dan menggunakan informasi tersebut untuk merumuskan strategi penjualan anda.  Pertimbangkan semua pesaing potensial, bukan hanya yang jelas terlihat saja.

Semoga bermanfaat , salam dari kami admin ilhamtaufiq.com dan fbmarketingninja.com

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.