Call Us : 0822-1604-6700

Bersaing Dengan “Raksasa”

Sebesar apapun budget marketing sebuah korporasi besar tetap saja ada market yang belum terjangkau oleh mereka, tentunya hal ini yang bisa dijadikan dasar untuk kita tidak harus takut bersaing dengan seorang “Raksasa”. Sebuah perusahaan yang sudah besar atau sebuah holding yang memiliki banyak anak perusahaan biasanya memiliki kelemahan, salah satunya yaitu lamban dalam beradaptasi dengan suatu perubahan. Hal tersebut diakibatkan karena sistem birokrasi yang makin kompleks. Sistem birokrasi yang dibuat merupakan sebuah konsekwensi jika perusahaan growth dengan baik, itu dilakukan untuk meminimalisir hal hal negatif seperti penyelewengan dana dan sebagainya, semuanya harus tercatat dan di awasi.

Bila bisnis kita masih di skala UKM dan ternyata kompetitor kita adalah perusahaan yang besar maka kelambanan tersebut yang kita bisa manfaatkan untuk kita mampu bersaing dengan mereka. Dalam bisnis skala UKM kadang pemilik usaha banyak merangkap berbagai tugas , yang akhirnya bisa mengambil keputusan dan gerak lebih cepat daripada pesaing besar. Banyak korporasi – korporasi besar yang pailit gara gara terlambat bereaksi atau bereaksi namun tidaklah efektif dan efisien. Bagaimana kita lihat sebuah perusahaan kamera dan cetak foto yaitu kodak yang sudah berusia 133 tahun pun bangkrut akibat tidak bereaksi adapatif dengan market, padahal kodak jugalah penemu kamera digital pertama didunia.

 Ini dia tips tips bagaimana bisa bersaiang dengan perusahaan atau brand besar :

  • Tanamkan keberanian pada diri anda, jangan pernah takut. Semua dimulai disuatu tempat. Setiap perusahaan besar yang kita lihat hari ini dahulunya sama seperti kita yaitu startup business. Bagaimana kita lihat bisnsi seklas microsoft ataupun apple dahulunya berawal dari garasi. Kita hatus memiliki keyakinan bahwa produk yang kita pasarkan berkualitas dan bisa menjadi solusi alternatif dari yang sudah ada. Teruslah berinovasi dalam pengembangan produk dan market.
  • Leverage dengan sosial media. Brand besar memang memiliki anggaran iklan besar khususnya di media konvensional seperti televisi , dan bisnis skala UKM pun sulit untuk bersaing di media tersebut karena budget yang minim, tapi sekarang semua berubah pada saat kehadiran sosial media seperti facebook , twitter dan youtube, asal kita mau belajar dan menerapkan ilmu sosial media marketing , kita akan mampu bersaing dengan mereka dalam hal komunikasi pasar secara cepat. Gunakan juga media media online yang lainnnya seperti seaech engine dan forum. Coba lihat artikel lain di blog ini dengan judul “Studi Kasus : Belajar Kreatif Marketing Dengan Menggunakan Sosial Media Dari Blendtec”.
  • Gunakan juga cara marketing geriliya yaitu dengan memanfaatkan media media yang tidak biasa di gunakan oleh brand besar, untuk jelasnya tentang marketing geriliya ada di artikel lain blog ini. Kita bisa melihat bahwa geriliya mampu mengusir penjajah Belanda dan Jepang di Indonesia, dan kita lihat juga Vietnam mampu mengusir negara sekuat amerika dengan cara bergeriliya, begitupun dalam hal marketing.
  • Bersikaplah fleksibel. Aset UKM yang terbesar untuk mampu bersaing dengan brand besar  adalah kecepatan. Sebuah bisnis yang lebih kecil memiliki kemampuan untuk bereaksi dengan cepat terhadap perubahan lingkungan dan beradaptasi terhadap model bisnis untuk bisa memenuhi kebutuhan konsumen atau pelanggan sehari-hari.

Semoga mencerahkan

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.