Call Us : 0822-1604-6700

Enam Tips Cara Agar Biaya Marketing Menjadi Efisien

Biaya operasional bisnis terus meningkat namun anggaran pemasaran terus menyusut. ,apakah kata kata di atas terdengar akrab di telinga atau bahakan sering terjadi pada kenyataannya ?

Orang – orang  marketing di seluruh dunia sekarang mencari cara untuk mencapai targetnya  dengan anggaran atau biaya pemasaran mereka dengan iklim ekonomi sulit. Jadi bagaimana anda bisa melonggarkan dana tersebut untuk mendapatkan pencapaian terbaik dengan budget yang ada?

Dalam lingkungan ekonomi dengan kompetisi ketat, dana yang terbatas harus digunakan secara efektif. Tapi menyeimbangkan anggaran pemasaran supaya terjadi penurunan ini bukan hal yang mudah. Dana yang di anggarkan harus efektif dan efisien serta harus bekerja lebih keras. Kabar baiknya ternyata  untuk mengurangi biaya dan menjadi lebih produktif lagi itu adalah sesutu yang mungkin bisa dilakukan. Ini adalah tentang bagaiamana kita bisa bekerja dengan lebih cerdas.
Tim pemasaran harus fokus pada langkah-langkah untuk:

  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan kontrol
  • Mengidentifikasi masalah dan mengambil tindakan korektif secara cepat

Biaya dapat dipangkas dan produktivitas dapat meningkat , diantaranya dengan:

  • Meningkatkan produktivitas dengan menerapkan sistem untuk meningkatkan alur kerja dan menyediakan individu dengan alat untuk bekerja secara efektif.
  • Menyempurnakan aturan bisnis untuk mencegah pengerjaan ulang untuk hal yang tidak perlu dan menegakkan prosedur sign-off (tanpa tanda tangan/persetujuan) dengan benar.
  • Menerapkan sistem otomatis dengan fasilitas pelaporan untuk membantu mengidentifikasi suatu masalah sehingga manajemen dapat mengambil tindakan korektif cepat.
  • Memperlancar dan sebaiknya mengotomatisasi proses untuk meningkatkan kontrol dan efisiensi

Ada 6 tips yang mungkin bisa dilakukan agar efektifitas, efisiensi dan produktivitas terjadi di sebuah bisnis yaitu :

1. Mengurangi biaya produksi

Anda harus mengidentifikasi dan mencegah pemborosan. Dana harus diarahkan ke hasil yang lebih produktif.  Sangat penting untuk menerapkan disiplin dan aturan bisnis pada klien. Membangun alur kerja dan proses persetujuan yang jelas dan efisien akan dapat mencegah masalah yang terjadi berulang. Dokumen pengarahan yang konsisten juga dapat mengurangi kebutuhan pekerjaan yang berulang – ulang.

2. Bawa manajemen aset digital di rumah

Tidak ada alasan mengapa aset digital tidak dapat dikelola di rumah. Sebuah perpustakaan terpusat secara digital dapat dengan cepat dan mudah diakses oleh cabang lain dan bisa  menghemat waktu organisasi dan uang.

3. Kembali menggunakan bukan memproduksi ulang

Dalam organisasi yang beroperasi secara global atau di lokasi yang beragam, ada dokumen, dan hal hal yang dapat dibagi ke seluruh organisasi di lokasi yang berbeda berdasarkan kebutuhan dan ada yang bisa kembali digunakan ulang. Sumber sentralisasi mencegah terjadinya duplikasi, dan bisa menghemat waktu.

4. Meningkatkan produktivitas staff

Adanya efisiensi proses dalam menggunakan keterampilan mereka yang sebenarnya bisa lebih efektif. Termasuk perampingan proses dan persetujuan.

5. Meningkatkan kecepatan respon terhadap market

Perusahaan makin besar maka birokrasi makin rumit, yang akhirnya respon terhadap market kadang jadi melambat. Jangan sampai sistem yang dibuat menggangu bisnis dan kecepatan respon terhadap market. Responsif adalah salah satu kunci dalam memenangkan persaingan. Hal tersebut juga bisa memberikan efisiensi terhadap biaya marketing.

6. Ambil kontrol untuk mengidentifikasi masalah

Dalam iklim ekonomi sulit, kebutuhan untuk meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya dan meningkatkan kecepatan terhadap pasar menciptakan tuntutan tinggi pada tim pemasaran. Beberapa perubahan mendasar terhadap proses dan aturan bisnis akan membantu menghemat biaya marketing. Lakukan kontrol dengan baik agar bisa mengidentifikasi masalah dengan cepat.

semoga bermanfaat

Salam Sukses Untuk Anda

Inspirasi oleh : By Grant Halloran

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.