Call Us : 0822-1604-6700

Etika Bisnis Di Masa Krisis (Bagian Satu)

aa gym

Materi ini di bawakan oleh AA Gym di depan anggota Hipmi (himpunan Pengusaha Muda Indonesia) dan tokoh tokoh nasional di acara Tiga Dasawarsa HIPMI  26 Februari 2003

Semoga Allah memperkaya batin kita , sehingga kita tidak menjadi manusia yang diperbudak oleh kekayaan,  apalah artinya harta melimpah kalo batin ini selalu miskin. Kita berada di tempat yang indah dan megah , mudah mudahan kita memiliki pribadi yang jauh lebih indah dari bangunan ini, apalah artinya kita berada di bangunan yang indah tapi pribadi kita tidak indah. Kita lihat ruangan ini nyaman karena sejuk, lapang, tapi mudah mudahan jiwa kita lebih lapang dari ruangan ini, apa artinya punya tanah yang lapang , punya rumah yang lapang tapi kalau hatinya sempit.

Kalau judulnya masa krisis apa yang aneh dari masa yang krisis, tidak ada yang aneh , yang aneh kalo kita menjadi bagian  penyebab krisis itu. Hidup di dunia seperti ini saja tidak ada yang perlu kita cemaskan , tidak ada yang perlu kita takuti kecuali kalau kita tidak semakin matang , tidak semakin dewasa dengan krisis ini.

Saat ini Indonesia mendapatkan pelajaran yang amat bermutu dan berharga, dimana manusia manusia bermutu akan tampil pada saat-saat krisis, oleh karena itu tidak perlu kita panik dengan krisis,  orang yang panik dengan krisis adalah orang yang memang bagian dari penyebab krisis.

Ini kata kata yang paling saya sukai dalam hidup saya, etika , bisnis, memang kita diciptakan untuk bisnis, Allah mengajari kita untuk menjadi manusia ekonomi, pahala , sorga itu adalah keuntungan, kita di dididik untuk mencari keuntungan , Bisnis. krisis adalah masa pengkristalan manusia manusia bermutu ini adalah judul yang bagus

Pengusaha muda nah ini yang sedikit agak bingung  ,Pengusaha muda kita beragam latar belakangnya. Ada warisan dari orang tua , orang tua kaya , anak di sekolahkan, jadi pengusaha. Syukurlah kita berbaik sangka dan bersyukur.  Modal sudah ada punya orang tua, lumayan tidak harus mencari . Kemudian bisnis sudah siap, alhamdulillah. belum tentu teruji ketangguhannya, harus banyak ujian bagi pengusaha keturunan, jangan tersinggung , tersinggung adalah orang bagian dari krisis

Yang kedua pengusaha kapstok dia  menggantel kepada sebuah KKN yang sekarang kalo temen temennya jatuh dia ikut  jatuh, persis  seperti orang yang nyantel ke kapstok, kapstoknya di ambil jatuhlah dia, Memang bukan pengusaha sejati. Ada pengusaha lainnya adalah pengusaha yang  kepaksa , PHK dari sana sini kepasaksa usaha dan ada juga pengusaha karena dia memang sadar dia punya cita – cita  , saya ingin berkarya dalam hidup saya.

Manakah yang baik Yang baik adalah yang terus menerus memperbaiki dirinya, hanya itu yang baik.

 Alhamdulillah Allah menakdirkan saya menjadi orang senang bisnis dari kecil , TK sudah jualan jambu tetangga, SD jualan petasan ,SMP jualan minuman botol, SMA usaha kredit kaos. Pertama kuliah di administasi Unpad ,dan  ambrol karena pada saat itu pemilu dan saya ikut nyablon . Kemudian saya kuliah di UNJANI, sambil kuliah sambil usaha, kadang menjadi supir angkot , menjadi tukang roti dan lain lain.

Allah maha kaya , krisis buat orang yang kurang iman. Gajah saja  tidak sekolah gemum gemuk , masa kita tidak kebagian.  Apa rahasia  lepas dalam krisis diantaranya :

Rahasia pertama Kredibilitas , ada kredibilitas maka akan timbul komitmen , semakin kredibel ,customer , konsumen atau pihak lain akan  komit kepada kita. Yang jadi masalah adalah bagaimana membangun kredibilitas diri kita. Banyak orang lebih sibuk  mencari untung , dan di ukur dalam bentuk uang dan  mater, itu adalah hal kecil garong juga banyak yang dapet itu uang. Darimana saya mendapatkan inspirasi bisnis, inspirasi saya adalah dari nabi Muhammad

Yang jarang di gali oleh pelajaran islam , ternyata dari usia 40 sampai 63 ketika menjadi nabi. Tapi jarang gali menjadi apa nabi Muhammad sebelum usia  40. Pada  saat Nabi Muhammad lahir,  ayahnya sudah meninggal, usia 5 tahun ibunya meninggal, Usia 8 tahun sudah mulai mandiri dengan menggembal kambing dan sudah mendapatkan income, Usia 12 tahun perjalanan pertama ke negeri syiria ribuan kilometer jaraknya, Usia 25 tahun kurang lebih sudah 18 kali perjalanan ke luar negeri dan di kenal di Jazirah Arab sebagai profesional yang tangguh dan ternama. Sehingga Siti Khodijah Konglomerat  dan akhirnya menikah , karena yang namanya muhamamad ini kalo bisnis untung terus apa saja yang dipegang jadi rezeki.

Sudah menjadi kesepakatan tak tertulis kalau ada orang yang kita percaya kita mau melakukan apa saja untuk dia . kalo ada yang bertanya ko anak anak saya tidak menurut sama saya , bapak kurang kredible di hadapan anak, karena anak tau modal bapaknya. Kenapa ada pemerintahan yang jatuh tidak di bela oleh rakyatnya mungkin ini identifikasi kurangnya kredibilitas. Jadi tidak usah aneh kenapa orang tidak mau kasih pinjam ke kita , ya  karena curiga. Jadi sederhana kalau kita benar – benar menjadi manusia kredible dengan manajemen kredibel, sistem yang kredible maka hal lainnya akan mengikuti.

Komitmen akan di berikan kepada orang yang terbukti dan teruji kejujurannya. Katanya di Indonesia ini kata seseorang , yang shalat banyak , yang shaum banyak , yang haji banyak , yang jarang tuh yang jujur . saya pernah mendengar selentingan kalau  suap menyuap di sebuah  negara tetangga di kolong meja, di negara sebelahnya di atas meja, kalau  di Indonesia di bawa dengan mejanya, itu aja bedanya . Bayangkan negara sekaya ini bisa bangkrut kan tidak masuk di akal, saya kalau sedang mikir saya ini  apa saja yang dikerjakan orang – orang sampai bangkrut begini.

Tidak banyak orang yang berani bertanya kepada dirinya sendiri apakah dirinya jujur atau tidak. Kita terkadang ingin lebih terlihat dari kenyataan, kalau orang itu tidak jujur kepada dirinya sendiri dia akan menikmati topeng, dia tidak  pernah berani menilai dirinya sendiri. Dia merasa bangga dengan mobilnya mobil mahal tapi dirinya murahan, tidak salah punya mobil bagus , tapi apalah artinya mobilnya bagus dirinya jelek, dia punya  punya barang berharga tapi dirinya tidak berharga kerjaanya minta minta.

Kalau dia tidak bisa jujur pada dirinya sendiri  terus apa yang akan diperbaiki pada dirinya. Kita sering melihat pemberani itu yang sering berteriak lantang “gampang – gampang”,  ngomong kebakaran tuh mulut gak akan pernah hangus . tapi beranikah dia jujur pada dirinya sendiri , apakah saya ini jujur , apakah saya pakai uang kantor , apakah saya kepada istri saya jujur, apakah ke anak – anak saya jujur.  Hebat teriak mencaci padahal diri kita masuk dalam group itu.

Orang itu tidak pernah jatuh oleh orang lain, orang itu jatuh oleh kelakukannya sendiri. Dihina d caci , didengki bukanlah masalah. Orang mulia saja di hina, masa kita tidak dihina, kita kan hina betulan , didengki adalah ciri berprestasi, karena yang tidak berprestasi kan tidak ada yang mendengki. Tidak jatuh kita dengan kedengkian orang lain, kita jatuh dengan kedengkian diri kita.

Apakah para pengusaha punya cukup waktu untuk belajar bercermin diri. Jadi pemimpin tidak berarti hebat Makin tinggi pohon makin kecil dahannya angin makin besar, terpelanting remuk, jadi jangan bangga kalau jadi atasan.. Bersambung ……

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.