Call Us : 0822-1604-6700

Memaksimalkan Nilai Penjualan Dengan Negosiasi Reluctant Seller

Reluctant Seller merupakan salah satu cara untuk bernegosiasi di dalam dunia bisnis atau penjualan. reluctant seller adalah bagaimana melakukan transaksi seakan akan penjual terlihat enggan menjual produknya, padahal sesungguhnya dia menginginkan transaksi terjadi. Hal tersebut dilakukan untuk membuat nilai barang yang di jual menjadi memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ilustrasi di bawah ini

Pada tahun 1991, Donald Trump menghadapi masalah. Ia adalah seorang yang sangat berpengaruh dalam dunia real estat dan pasar real estat New York saat itu sedang lesu – lesunya mendekati keruntuhan. Ia perlu tambahan dana segar dan cepat agar dapat lolos dari situasi genting yang sudah di ambang pintu. Peluang terbaiknya adalah menjual hotel St. Moritz. Ia membelinya tiga tahun lalu dari Helmsleys seharga $79 juta. Hotel itu terletak di pojok Plaza Hotel yang baru saja dimilikinya, jadi ia tidak memerlukannya lagi. Alan Bond, seorang miliarder berkebangsaaan australia, menyatakan minat untuk membelinya. Walaupun Trump putus asa untuk menjualnya, ia masih memainkan reluctant seller.

“Wah, Alan, jangan St Moritz. Hotel tersebut yang paling saya sukai. Saya tidak akan pernah menjualnya. Saya tetap ingin memiliki untuk cucu – cucu saya. Kalau yang lain saya mungkin mau menjualnya, buatlah tawaran, tapi jangan St Moritz. Tapi Alan, walaupun begitu, agar terkesan adil bagi saya berapakah harga terbaik yang akan anda tawarkan kepada saya >”

Jika anda tidak menyadari apa yang sedang mereka lakukan terhadap anda, anda akan memulai tawaran dari poin terendah kisaran negoisasi anda, ke poin menengah , bahkan mungkin ke poin kisaran tinggi, bahkan sebelum negoisasi di mulai. Alan Bond membayar Trump sebesar $160 juta untuk membeli hotal St. Moritz tersebut. Trump mendapatkan uang tunai yang diperlukannya untuk tetap selamat dari resesi real estat yang terjadi setelahnya.

Demikian ilustrasi dari bagaimana kita bisa meningkatkan nilai jual produk atau barang dengan cara negosiasi reluctant seller.

Sumber ilustrasi dari : Roger Dawson

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.