Call Us : 0822-1604-6700

Perlunya Pendekatan Sosial Atau Personal Dalam Dunia Marketing

Saat produk atau jasa yang ditawarkan ternyata di bawah harapan konsumen maka itulah yang disebut kekecewaan. Saat produk atau jawa yang di tawarkan ternyata sama dengan harapan konsumen itu adalah kepuasan. Dan saat produk atau jasa yang di tawarkan ternyata melebihi harapan konsumen itu adalah kegembiraan.

Di era bisnis yang saat ini sangat kompetitif maka sangat perlu di hindari terjadinya kekecewaan, jika itu yang terjadi siap siap bisnis yang anda bangun akan hancur. Di tengah era informasi yang sangat terbuka dan orang mudah mendapatkannya, orang juga mudah untuk mendapatkan alternatif lain selain produk atau jasa yang anda tawarkan jika memang ternyata mengecewakan atau pelayanan tidak memuaskan.

Banyak orang berpikir bagaimana caranya untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen, tapi sayang saat ini pikiran itu perlu di perbaharui karena era kepuasan pelanggan sudah usang, saat ini yang perlu di kedepankan adalah kegembiraan konsumen seperti apa yang telah di definisikan di paragraf pertama. Kegembiraan konsumen sangat perlu diperhatikan saat ini karena jika level yang anda tuju adalah sebatas kepuasan maka bisnis yang anda jalankan di zaman sekarang tidak akan memiliki daya kompetisi yang kuat.

Kunci utama dari kegembiraan konsumen adalah bagaimana kita bisa memberikan hal hal yang melebihi ekspetasi mereka dan memelihara hubungan dengan membangun pendekatan sosial atau personal yang akrab. Kami contohkan apa yang disebut kegembiraan konsumen, misal jika konsumen memesan sesuatu kepada anda, kemudian konsumen itu mengharapkan pesanannya itu selesai satu minggu dan ternyata anda bisa menyelesaikannya dalam 5 hari dengan hasil yang baik, maka konsumen anda sudah dipastikan akan gembira bukan hanya sekedar puas saja. Banyak yang bisa anda gali untuk memberikan kegembiraan konsumen tidak hanya waktu yang lebih cepat dari harapan tapi bisa juga dari sisi kualitas, pelayanan dan lain lain.

Orang yang gembira dengan bisnis anda , maka orang tersebut biasanya akan menjadi pelanggan anda dan akan merekomendasikan produk atau jasa anda kepada koleganya. Selain itu, perlu juga untuk kita menjaga atau memelihara hubungan dengan konsumen agar kegembiraan itu terjaga dengan baik, salah satu caranya adalah dengan sentuhan pendekatan personal. Pendekatan personal disini agar kita bisa lebih akrab dengan mereka, misal dengan mengucapkan selamat pada saat ulang tahun mereka melalui sms atau hal hal lain yang bisa mengapresiasi mereka.

 Data membuktikan 83% transaksi deal bukan karena semata mata orang melihat produk atau jasa yang di tawarkan saja tapi juga melihat siapa yang menjualnya. Misal jika anda akan membeli laptop dengan merek A , ada temen anda yang jual laptop merek A tersebut dan ada orang yang anda belum kenal juga ternyata jual laptop merek yang sama , anda akan pilih mana ?. buatlah pendekatan personal yang akrab , yang bisa membuat konsumen anda terus memilih produk atau jasa yang anda tawarkan.

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.