Call Us : 0822-1604-6700

Studi Kasus : Belajar Kreatif Marketing Dengan Menggunakan Sosial Media Dari Blendtec

Banyak studi kasus bagaimana sebuah bisnis memanfaatkan sosial media untuk menekan biaya pemasaran, mereka dengan cerdiknya memanfaatkan berbagai platform sosial media untuk mempromosikan produk atau jasanya baik itu untuk selling ataupun untuk membangun brand awareness dan membangun komunitas.

Salah satu studi kasus yang menraik di sosial media  adalah gagasan dari Tom Dickson pemilik Blendtec, sebuah perusahaan yang memproduksi blender makanan di USA. Mungkin banyak dari kita yang telah melihat beberapa video nya yang telah beredar sejak tahun 2007 dan telah sangat viral di YouTube, tetapi Anda mungkin tidak menyadari seberapa berhasil dampak dari video ini.

Tom memutuskan untuk memproduksi serangkaian video tentang blendernya, dengan melakukan proses penggilingan dengan memasukan berbagai alat rumah tangga untuk mendemontrasikan betapa hebatnya produk dia. Serial video tersebut di beri julukan “Will Blend It”. Mari kita lihat salah satu video dari blendtec yang memblender hp ternama dari apple yaitu iphone

Video di atas sangat sangat fantastis sekali. Tidak lama kemudian banyak fans yang request  berbagai item untuk di blender, secara keseluruhan  video series tersebut mendapatkan lebih dari 130 juta viewer. Produksi video yang murah tetapi ide menarik tersebut membuat merek blendtech menjadi lebih populer dalam waktu yang relatif singkat.

Item atau alat lainnya yang diblender adalah ,pensil ,bola golf dan dan lain lain. Selain itu ada iPad dan iPhone 4 yang menjadi item untuk di blender. Mereka juga terintegrasi hal-hal tersebut ke dalam website mereka sendiri, mengadakan kompetisi untuk memenangkan iPhone dan akhirnya mereka mendapatkan data sekaligus membangun kedekatan emosional dengan para audien.

Ada brand lain kemudian terlibat dalam profil produk dan layanan mereka misalnya Nike & korek api merek Bic. Yang akhirnya mereka mendapat keuntungan dari sana , selain peningkatan penjualan yang signifikan. Merekapun menjadi bintang  tamu  di berbagai TV dan acara radio serta  mereka juga memenangkan beberapa penghargaan dalam kategori marketing atau pemasaran yang juga turut memicu banyak orang akhirnya membicarakan tentang Blendtec.

Semoga Menginspirasi

Salam Dari Kami

Konsultan Facebook

fbmarketingninja.com

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.