Call Us : 0822-1604-6700

Cara Menentukan Target Audience FB Ads

By: Son Nguyen (FB Ads Master from Vietnam)

Mengenai Target Audience

Pernahkah anda menjalankan FB Ads tanpa menentukan target audience dengan jelas?

Suka atau tidak suka, sebuah campaign FB Ads selalu diawali dengan membidik target audience yang tepat. Jika anda beranggapan bahwa untuk melakukan riset audience yang tepat akan menyita waktu dan tenaga sehingga anda mengabaikan langkah ini maka dijamin iklan yang anda jalankan akan menyedot biaya yang besar dan seringkali tidak maksimal.

Hanya dengan mengetahui target audience yang tepat dari FB Ads yang akan anda jalankanlah yang akan menjadikan campaign FB Ads anda jauh 95% lebih baik dari iklan-iklan lainnya di Facebook.

Pada artikel ini saya akan menunjukkan bagaimana anda dapat menentukan audience yang tepat yang benar-benar memiliki ketertarikan terhadap produk yang anda iklankan. Dan untuk melakukan cara yang handal ini ternyata tidak lebih dari 5 menit.


Penentuan Target Audience

Agar lebih spesifik, kita ambil contoh “Domain Coupon”. Topik yang cukup menarik.

Langkah Pertama: Googling

Tujuan dari langkah pertama ini adalah untuk mengetahui seberapa menarik kata kunci yang kita tentukan. Silakan lakukan penelusuran kata kunci yang telah kita tentukan dan perhatikan hasil pencariannya di Google.

Untitled-1

Pada uji coba kali ini, saya akan memilih Domainpricemonitor karena web ini merupakan tempat favorite saya untuk mendapatkan kupon. Copy URL web tersebut dan masuk ke Alexa untuk melakukan langkah kedua.

Langkah Kedua: Alexa-ing

Alexa adalah salah satu web terbaik untuk melakukan riset pasar. Alexa dapat memberikan gambaran kepada kita estimasi pengunjung sebuah web.

domain price

Pada contoh berikut ini bisa mengetahui bahwa web ini berasal dari India dan berada pada posisi 67,812 untuk ranking Alexa. Kemudian kita lanjutkan dengan mengklik tombol “Get Details”.

domain country

Dari kesimpulan sederhana terlihat bahwa web domainpricemonitor cukup populer di Thailand. Hal itu berarti banyak orang Thailand berminat atau mencari domain coupon. Oleh karena itu Thailand bisa menjadi salah satu negara yang kita targetkan untuk FB Ads.

Kemudian perhatikan lebih lanjut, dan kita akan melihat informasi penting lainnya yaitu target audience. Dari sini kita bisa menentukan tipikal audience terbaik yang kita dapat kita bidik.

Langkah Ketiga: Penentuan Target

domain gender

Dari informasi ini terlihat bahwa pengunjung terbanyak yang mencari domain coupon adalah pria dengan rentang usia 25 hingga 34 tahun. Kita bisa mendapatkan informasi yang lebih detail lagi dengan mengklik “View More” (khusus subscriber Alexa Pro). Terlihat bahwa rata-rata pengunjung tersebut adalah lulusan perguruan tinggi yang telah memiliki anak. Dengan melakukan riset pasar yang berpatokan pada sebuah website, kita dapat menentukan sebuah market yang potensial untuk dibidik dengan FB Ads dengan karakteristik market:

–          Pengunjung dari Negara Thailand

–          Rentang usia 25-34 tahun

–          Lulusan perguruan tinggi

–          Memiliki anak atau sudah menikah

Informasi mengenai karakteristik market yang potensial seperti inilah yang perlu kita ketahui sebelum menjalankan sebuah campaign di FB Ads. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa hal tersebut diperoleh dengan menginvestigasi satu situs. Untuk memperoleh karakteristik market yang lebih luas lagi kita dapat melakukan langkah-langkah di atas pada 10 situs yang berbeda pada niche yang sama.

Tool lain yang juga cukup baik untuk meriset market dan audience adalah Quantcast. Bahkan Quantcast lebih baik daripada Alexa untuk meriset market dan audience website di wilayah Amerika Serikat.

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.