Call Us : 0822-1604-6700

Pragmatis Dan Dahulukan Kepentingan Perusahaan

Dalam menghadapi persoalan, kita harus pragmatis. Tidaklah pragmatis kalau seumpama anda punya produk bagus tetapi tidak ada yang mau membeli (A beautiful product but no market). Yang perlu di ingat adalah bukan keinginan kita yang penting akan tetapi terpenting adalah apa yang diinginkan market dan keuntungan yang dicapai dalam proses ini.

Persoalan seberat dan sebesar apapun dapat kita atasi dengan mudah, kalo persoalannya tidak didramatisir. Di cari tahu akar permasalahannya, lalu di carikan terapi atau solusi yang sesuai. Termasuk dalam hal manajemen, itupun tidak sulit. Manajemen menjadi sulit, karena ulah manusia itu sendiri. Tepatnya, kalau terjadi gesekan atau bentrokan kepentingan. Kalau kepentingan masing masing departemen itu masih terarah kepada perbaikan perusahaan ini tentu oke oke saja, karena muaranya masih sama yakni perbaikan organisasi. Lain halnya kalaua interes itu adalah kepentingan pribadi. Kalau sudah demikian adanya , maka segalanya menjadi sulit untuk dikoordinasi. Di sini diperlukan strong leadership.

Begitu kepentingan – kepentingan pribadi dapat di atasi, maka manajemen itu menjadi mudah. Cukup kita selidiki keempat faktor dalam manajemen: SDM yang profesional dan bermotivasi yang tinggi, financial management yang sehat, sistem kerja yang mendukung dan strategi marketing yang kompetitif.

Sebagai pemimpin, kita harus cepat dapat merumuskan persoalan. Lalu bagaimana solusi yang harus dijalankan. Yang penting di sini adalah deteksi persoalan secara cepat dan pengambilan keputusan dan tindakan yang cepat pula. Deteksi, pengambilan putusan dan tindakan yang lama, akan membuat persoalan menjadi melantur dan berlarut – larut. Menganalisis persoalan secara pragmatis, mengutamakan kepentingan perusahaan dan menyelesaikan persoalan menurut prioritas adalah kunci penyelesaian masalah atau restrukturisasi.

Semoga menginspirasi dan memberikan manfaat

Disadur dari : The Art Of Turn Around

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.