Call Us : 0822-1604-6700

Review : Paradox Marketing

Paradox marketing merupakan sebuah pemikiran yang di ulas oleh Arie Yahya dalam bukunya yang berjudul “Paradox Marketing Unusual Way To Win” , yang sekarang menjabat sebagai Direktur Utama Telkom Indonesia.  Kenapa kami bahas tentang buku ini, karena buku ini kami rasa cocok untuk menambah knowledge dalam dunia digital , bagaimana kita bisa menjadi lebih paham tentang behavior market saat ini. berikut adalah sekilas tentang paradox marketing.

“Paradoks itu mempertentangkan sekaligus mempersatukan”

Revousi dunia maya atau digital banyak mengubah prilaku konsumen secara signifikan. Area Informasi yang semakin terbuka dengan kehadiran teknologi semakin membuat konsumen cerdas dalam memilih produk. Dengan hal tersebut maka strategi bisnis perusahaan harus mampu beradaptasi dengan cepat dan efektif atau harus menanggung resiko menjadi perusahaan tertinggal. Banyak perusahaan yang tidak bisa bertahan dengan perubahan ini, tapi disisi lain ada juga beberapa perusahaan yang mampu bertahan dan beradaptasi bahkan mampu growth dengan baik di tengah tengah dinamika pasar yang semakin kompleks. Yang lebih aneh, ada perusahaan yang menggratiskan hampir semua produknya, namun justru perusahaan itu menjadi salah satu perusahaan terbesar saat ini, contohnya adalah facebook dan google, semakin gratis semakin untung. Dan masih banyak contoh lainnya.

Banyak poin poin penting dibahas dalam paradox marketing utamanya dalam hal teknologi dan prilaku konsumen di era digital. Paradoks disini di artikan sebagai hal yang berlawanan atau tidak biasa tapi saling melengkapi, situasi yang berlawanan namun menggambarkan keseimbangan. Untuk mencapai suatu tujuan , terkadang harus melakukan cara cara tidak lazim , bahkan bersifat kontradiktif terhadap yang biasa dilakukan.

Dalam paradox marketing di jelaskan pemasar tidak boleh hanya memikirkan perusahaan, brand ataua bahkan dirinya. Mereka harus memikirkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan konsumen, bahkan lebih dari itu pebisnis haus memikirkan kecemasan atau hasrat dari konsumen. Banyak quote quote unik dari buku ini di antaranya

“Setiap dinamika yang terjadi meskipun tidak berhubungan secara langsung ternyata mempengaruhi bisnis kita dari aspek yang lain, karena kita harsu tetap menjadi perhhatiandan masuk dalam radar perusahaan”

“Ketika kita tidak mengharapkan semuanya, justu kita akan mendapatkan semuanya”

Untuk jelasnya dan detailnya silahkan baca bukunya aja yah 😀 , Semoga review ini bermanfaat

salam

 

Konsultan Facebook

 

 

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.