Call Us : 0822-1604-6700

5 Jenis Kontes di Facebook

Sebagaimana kita kadang melihat sebuah kontes diadakan di website, ternyata kontes juga dapat dilakukan di Facebook. Bahkan dengan kelebihan Facebook yang interaktif dan bantuan aplikasi ketiga, kontes di Facebook seringkali lebih menarik dibandingkan kontes di website. Banyak perusahaan dan brand yang menggunakan kontes di Facebook untuk mendapatkan fans baru, untuk membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen, dan bahkan menjadikan kontes sebagai sumber untuk mendapatkan data-data tertentu. Salah seorang teman kami bahkan mengalami peningkatan 2-3 kali lipat ketika ia mengadakan sebuah kontes  di Facebook. Banyaknya kontestan yang men-share kontes itu sehingga berefek viral kepada pengguna Facebook yang lain membuat traffic ke fan pagenya meningkat pesat, dan berimplikasi pada peningkatan penjualan.

Kali ini kami akan membahas beberapa jenis bentuk kontes di Facebook yang dapat kita jalankan dengan melibatkan tool atau aplikasi pihak ketiga. Biasanya tool-tool untuk kontes berbeda fungsionalitas dengan tool-tool kontes lainnya. Kita dapat memilihnya sesuai dengan jenis dan tema kontes yang akan kita jalankan.

1)      Kontes Undian
Undian bisa disebut sebagai kontes yang pemenangnya murni didasarkan dari keberuntungan. Undian adalah bentuk kontes yang paling banyak dijalankan oleh para perusahaan. Disamping itu undian termasuk kontes yang paling mudah diikuti oleh para fans. Yang diperlukan dari audience/fans adalah cukup menginputkan nama dan alamat pada form untuk mengikuti undian berhadiah yang telah ditentukan perusahaan. Contohnya seperti pada gambar di bawah ini:

Karena undian ini mudah untuk diikuti oleh siapapun, maka tentu saja dibanding bentuk kontes-kontes lainnya, undian ini paling banyak diikuti oleh fans. Sebagian platform service selain memiliki fasilitas untuk entry nama dan email, juga memiliki fitur untuk viralitas seperti tombol Share untuk membagikan informasi event kontes tersebut kepada friend tiap-tiap kontes.

2)      Kontes Foto

Kontes foto adalah kontes dimana setiap peserta diharuskan mengupload sebuah foto dengan tema yang telah ditentukan oleh fan page/perusahaan yang mengadakan kontes foto tersebut. Biasanya tema foto yang diperlombakan adalah tentang:

–          Produk yang sedang digunakan oleh konsumen

–          Momen tertentu konsumen

–          Suasana tertentu seperti: kegalauan, kesenangan, kebersamaan

–          Atau tema yang mencirikan tempat tertentu seperti kontes foto yang “paling Jakarta”, “Bandung banget”, dan lain-lain.

Adapaun pemenang kontes foto, umumnya ditentukan dengan voting.

3)      Kontes Video

Tidak jauh berbeda dengan kontes foto, peserta diharuskan untuk mengupload video dengan tema yang ditentukan oleh fan page. Namun biasanya kontes video ini tidak sebanyak peserta kontes foto dikarenakan membuat video lebih sulit ketimbang membuat foto, disamping itu seringkali mengupload video membutuhkan koneksi internet berkecepatan tinggi.

4)      Kontes Kata

Kontes ini menyaratkan para fans membuat artikel untuk diupload/diposting dengan tema tertentu, atau mengenai pengalaman fans dalam menggunakan produk. Kita bisa belajar dari Pedors, brand sepatu ortopedik yang dibuat khusus bagi mereka yang mengalami masalah pada kaki. Tema kontes yang diadakan oleh Pedors adalah “Berjalan Sejauh 1 Mil Menggunakan Sepatunya” dimana fans diminta membuat artikel tentang sepatu siapa yang mereka ingin gunakan untuk berjalan 1 mil dan mengapa mereka memilih sepatu orang tersebut.

5)      Kontes Game

Fans yang mengikuti kontes ini akan bermain game, yang mana di dalam game itu ada beberapa pertanyaan yang mereka harus jawab, atau beberapa langkah yang mereka harus lalui sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh fan page. Yang mampu melewati game dengan score tertinggi umumnya merekalah yang keluar sebagai pemenang kontes tersebut. Contoh fan page yang mengadakan kontes berbasis game ini adalah International Delight

Selain menentukan tipe kontes yang tepat yang akan dijalankan, keberhasilan kontes juga sangat tergantung dari jenis reward atau hadiah yang akan diberikan kepada pemenang kontes. Sebaiknya hadiah yang diberikan adalah paket dari produk kita, atau masih relevan dengan niche kita, dan tentunya hadiah itu harus benar-benar menarik yang membuat orang-orang berduyun-duyun untuk mengikuti kontes dan men-Share kontes tersebut agar diikuti pula oleh friendnya.

Mengapa hadiah yang akan diberikan sebaiknya sesuatu yang relevan dengan niche kita? Ini agar kita dapat memfilter para kontestan dan calon fans yang bertambah adalah orang-orang yang benar-benar menyukai produk kita, bukan orang-orang yang hanya sekedar mengambil kesempatan untuk mendapatkan hadiah sementara sejatinya mereka tidak begitu respek terhadap produk kita.

Misalnya ketika kita memiliki fan page dengan niche kopi, maka sangat tidak tepat ketika kita mengadakan kontes di fan page itu dengan iming-iming hadiah iPhone. Karena sudah barang tentu yang akan mengikuti kontes di fan page kopi kita itu adalah orang-orang yang hanya ingin iPhone, dan belum tentu mereka penikmat kopi. Hadiah yang baik bisa seperti paket parcel kopi, termos kopi, gelas pemanas, dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kebiasaan penikmat kopi. Dengan begitu orang-orang yang mengikuti kontes kita adalah benar-benar penikmat kopi. Ketika mereka menjadi fans setelah mengikuti kontes, mereka pasti akan mengomentari, men-Share, atau minimal me-Like status fan page kopi kita.

Masih banyak hal-hal yang belum diketahui oleh sebagian orang mengenai kontes di Facebook. Seperti recommended tool, persiapan kontes, hal-hal yang menjadi blunder dalam kontes, dan sebagainya yang kami jelaskan secara lugas dalam video tutorial Facebook FB Marketing Ninja. Bahkan bukan hanya menjelaskan kontes semata, FB Marketing Ninja menjelaskan semua aspek di Facebook untuk bisnis dan marketing dengan sangat lengkap.

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.