Call Us : 0822-1604-6700

CTR Facebook Ads Tinggi Tidak Menjanjikan Peningkatan Penjualan

Click-through rate adalah salah satu alat ukur dalam facebook ads, dimana angka yang dihasilkan didapatkan dari jumlah klik iklan di bagi dengan jumlah impresi/tayang

ctr facebook

CTR =  (Jumlah klik / Jumlah impresi) %

Misal jika dalam 1000 tayang iklan orang yang mengklik iklan 10 orang maka

CTR = (10/1000) %

= 0,01 x 100 = 1 %

Info di atas mudah mudahan bisa memberikan pemahaman tentang apa itu CTR. Banyak orang menganggap jika CTR tinggi maka penjualan pun akan tinggi , anggapan itu teryata kurang tepat. CTR hanya menunjukan seberapa banyak orang yang memberikan perhatian terhadap iklan yang anda setting dengan aksi berupa mengklik iklan yang tampil, hal yang pasti dijanjikan dengan nilai CTR yang semakin besar adalah exposure iklan dengan perhatian yang tinggi. Kondisi tersebut memang bisa menghasilkan peningkatan penjualan untuk produk atau jasa yang anda tawarkan jika syarat syarat konversi lainnya terpenuhi diantaranya adalah produknya bagus dan tepat sasaran, sales letter yang baik( mencakup offer , benefit bukti dan lain lain), customer service yang handal dan faktor lainnya.

Elemen elemen yang menjadi prioritas agar CTR tinggi ialah ketepatan targeting dan ketepatan pesan yang ingin disampaikan melalui gambar, header dan text. Dalam tahap ini kita harus banyak melakukan riset secara mendalam dan melakukan uji coba untuk mendapatkan ketepatan target dan ketepatan pesan untuk mendapatkan formula iklan yang cocok dan relevan bagi produk atau jasa yang anda tawarkan.

Salah satu kasus anomali di FB Ads adalah kadang ada nilai CTR melebihi batas atau melebihi angka 100 persen , misal 200 persen atau 300 persen , dengan menggunakan rumus di atas berarti jumlah klik lebih besar di banding jumlah impresi atau tayang artinya bahwa ada orang yang klik iklan lebih dari satu kali, misal jumlah tayang 2 tapi jumlah klik 5

maka

(5/2)  = 2,5

2,5 x100 = 250 %

Dahulu pada saat FB Ads hanya tampil di sidebar saja angka CTR 1 -2 persen merupakan angka yang luar biasa, tapi setelah FB Ads bisa tampil di news feed CTR bisa lebih tinggi lagi. Sebagai pebisnis atau marketer kita jangan hanya melihat gambaran kecil saja tapi harus melihat gambaran besarnya artinya supaya penjualan produk atau jasa meningkat yang di lihat bukan hanya CTR saja tapi keseluruhan faktor seperti penjelasan di atas.

Semoga bermanfaat

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.