Call Us : 0822-1604-6700

Preview Strategi Facebook Marketing 2014 Part 1

Banyak hal yang harus evaluasi saat strategi bisnis atau pemasaran di tahun 2013 tidak berjalan optimal, setiap tahun memiliki kondisi yang berbeda karena disebabkan banyak perubahan diantaranya adalah kompetisi bisnis, perubahan trend , pengaruh sosial politik  dan lain lain. Tapi apapun itu kondisinya seorang entrepreneur harus mampu beradaptasi agar bisnis dan strateginya tetap berjalan dengan baik.  Selain perubahan tentunya banyak peluang baru di tahun 2014 yang bisa di optimalkan dengan menggunakan sosial media marketing khususnya facebook.

Pada bahasan kali ini akan fokus kepada strategi facebook marketing untuk UKM atau usaha kecil dan menengah. Rata rata tujuan UKM menggunakan facebook adalah sebagai alat bantu untuk meningkatan penjualan produk atau jasa yang di tawarkan, untuk itu kita akan bahas sedikit strategi facebook marketing 2014 versi kami untuk  bagaimana mencapai tujuan tersebut.

Yang pertama harus diperhatikan adalah kompetisi , karena exposure bahwa facebook marketing sangat efektif untuk meningkatkan penjualan baik itu B2C ataupun B2B menyebabkan kompetisi naik khususnya di niche – niche seperti fashion, kosmetik dan lain lain yang orang mudah memulai dan meniru model bisnis tersebut.  Faktor yang paling menentukan dalam memenangkan kompetisi di sosial media adalah engagement atau seberapa dekat hubungan emosional  anda dengan target market, engagement yang baik diciptakan karena bisa memahami dan mengapresiasi para audience berupa konten konten yang relevan , variatif serta menyentuh kehidupan sehari harinya.

Membuat engagement tidak harus selalu dilakukan melalui fanpage, group dan akun personal saja, jika anda memiliki database konsumen atau pelanggan yang anda dapatkan melalui facebook marketing seperti nomor kontak dan email, maka andapun bisa bermain disana. Selalu think without the box, tidak harus kaku untuk terus terusan melakukan engagement via facebook saja. Penting untuk kita berpikir secara dinamis dan mengkombinasikan dengan jalur lain. Anda bisa memberikan ucapan selamat ulang tahun secara personal , selamat idul fitri dan momen momen penting lainnya kepada audience anda supaya menjadi lebih dekat. Detailnya ada di artikel http://www.ilhamtaufiq.com/stabilkan-penghasilan-dengan-menggunakan-back-end-marketing-di-sosial-media-part-1/  dan  http://www.ilhamtaufiq.com/stabilkan-penghasilan-dengan-menggunakan-back-end-marketing-di-sosial-media-part-2/

Produk yang relatif mudah di pasarkan khususnya bagi anda yang baru memulai dan ingin segera mendapatkan hasil, maka anda harus berpikir untuk menyediakan produk produk spesifik berdasarkan komunitas. Karena sampai saat ini asal anda mau riset dan jeli masih banyak komunitas ataupun fanbase yang anda bisa dibidik dan kompetisinya masih rendah jika anda bermain disana. Melakukan riset ini sebetulnya sederhana, anda bisa menggunakan dasboard facebook ads dibagian minat / pricest interest . Jangan khawatir untuk menggunakan fitur ini anda hanya perlu masuk dan tidak harus melakukan campaign ataupun memiliki alat pembayaran .

Banyak peluang atau momen yang bisa di manfaatkan di tahun 2014 , asal kita jeli terhadap momen tersebut, maka siapapun itu  bisa mendatangkan cash yang cukup besar ke kantong anda , momen tersebut di antaranya adalah piala dunia  dan tentunya pesta demokrasi di negara kita Indonesia yang di selenggarakan tahun mendatang. Untuk bahasan mengenai strategi secara teknis di facebook  dan bagaimana mengkombinasikannya dengan  peluang kami akan bahas diartikel selanjutnya

Mohon di share jika bermanfaat.

Thanks

Bersambung  . . .. .

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.