Call Us : 0822-1604-6700

Pentingnya Sebuah Persiapan Dalam Bisnis Online

Beberapa waktu lalu ada teman yang bisnis nya mau bangkrut ,  tapi tiba tiba dapat peluang dan deal yang bagus dan akhirnya omsetnya kini miliaran. Kemudian ada teman yang sudah mau menjual produk dengan persiapan matang , tapi tiba tiba gagal di tengah jalan karena suatu hal. Kasus lain ada teman yang bekerja di tempat mewah dengan kondisi mapan , tiba tiba putus kontrak dan jadi pengangguran. Dan banyak lagi kisah kisah seperti ini di sekeliling saya yang tidak bisa di ceritakan satu persatu. Benang merahnya ada hal yang tidak di bisa di baca dengan jelas oleh ilmu ilmu termasuk ilmu akuntansi dan teman temannya , yaitu peluang dan ancaman yang datang tiba tiba.

Berkaca dari paragrap di atas , maka sebuah persiapan menjadi hal yang penting dan kritikal saat menghadapi peluang dan ancaman yang datang secara tiba tiba. Jika peluang datang tapi persiapan kurang , mungkin teman saya sudah bangkrut usahanya sekarang , begitupun sebaliknya. Kita mungkin bisa mengambil hikmah dari nabi Nuh yang sudah mempersiapkan kapal sebelum banjir besar terjadi , betapa pentingnya sebuah kata dan tindakan “Persiapan”

Khususnya di dunia bisnis online atau lebih spesifiknya di marketing online, persiapan harus benar benar kita siapkan dengan matang, karena metode dan algoritma bisa saja berubah secara tiba tiba, dan akhirnya pendapatan menjadi tidak konsisten dan itu sangat berbahaya , di saat kita menggantungkan penghasilan dalam teknik atau metode tersebut.

Di saat jadi publisher adsense atau affiliate amazon kita dalam kondisi lancar, ada baiknya kita sisihkan untuk membuka peluang dan belajar hal baru, contohnya membuka toko online. Ataupun yang sekarang yang membuka toko online dengan niche tertentu bisa mulai mencoba niche lain, karena kita sejatinya tidak bias menebak selera pasar. Kita bias liat dulu Negara ini adalah Negara nokia , kemudian berubah seketika menjadi Negara blackberry dan sekarang menjadi Negara android untuk pilihan OS gadget. Coba gimana nasibnya yang jual chasing nokia yang tanpa persiapan, barang numpuk , pasar sudah tidak merespon yah bisa bangkrut J.

Termasuk dalam hal sumber traffic , bila kita terbiasa dengan sumber traffic dari search engine coba luangkan waktu untuk belajar mendatangkan traffic dari social media ataupuan channel lain. Karena ada ungkapan “satu pilihan sama dengan perbudakan” yang saya sendiri artikan jangan bergantung pada satu pilihan.  Semoga bermanfaat

Pentingnya Sebuah Persiapan

Pentingnya Sebuah Persiapan

Comments

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.